Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : 0002-2022/ESK-Ant Adi j
Judul : Jangan Panggil Aku Santri: Proses Pemaknaan dan Pembentukan Identitas Santri PPTQ Al-Hakimiah
Pengarang : Adinda Ratu Fauziah
Strata :
Pembimbing : Drs. Ezra M. Choesin, M.A.
Fakultas : FiSIP UI
Tahun : 2022
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0002-2022/ESK-Ant Adi j 0002-2022/ESK-Ant Adi j TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77813
Sampul
Abstrak
Sebagai institusi pendidikan berbasis agama di Indonesia, proses belajar di dalam pondok pesantren tidak hanya terjadi secara satu arah namun didalamnya juga terdapat keterlibatan para santri secara aktif. Tulisan ini berfokus pada proses pemaknaan dan pembentukan reflexive identity para santri PPTQ Al-Hakmiah sebagai bentuk dari proses belajar untuk menjadi seorang santri. Dalam konteks ini pendekatan connectionsim penulis gunakan untuk menjelaskan proses pemaknaan dari definisi santri yang khas oleh setiap santri yang didasari oleh keberagaman latar belakang sosial budaya. Proses belajar yang terjadi di dalam pondok pesantren merupakan apa yang disebut sebagai legitimate peripheral participation dimana hal ini sangat menentukan cara mencapai tujuan belajar yang bervariasi, porses belajar ini tentu saja tidak luput dari trial and error dengan adanya kecenderungan centripetal dan centrifugal yang memotivasi santri untuk terus melakukan proses pembelajaran di dalam pondok pesantren. Dengan mewawancarai santri yang belum memiliki pengalaman belajar di pondok pesantren, penelitian ini mencari tahu bagaimana mereka menghadapi perbedaan kebudayaan untuk mencapai tujuan belajar yang telah mereka maknai.