Ilmu Hubungan Internasional telah berkembang pesat sejak Aberystwyth dan semakin banyak
ditawarkan sebagai program studi di universitas-universitas di seluruh penjuru dunia. Sebagai
kegiatan utama di dalam diseminasi Ilmu Hubungan Internasional, kegiatan belajar mengajar
belum mendapat perhatian yang sesuai dalam pembahasan Ilmu Hubungan Internasional
arusutama. Untuk membuka ?kotak hitam? kegiatan ini, penulis mengkaji 70 artikel dalam
jurnal internasional yang terkait dengan pedagogi ilmu Hubungan Internasional. Dengan
menggunakan metode taksonomi, penulis membagi badan kajian menjadi empat kategori yaitu
(1) desain pedagogi ilmu Hubungan Internasional, (2) strategi pedagogi ilmu Hubungan
Internasional, (3) konteks pedagogi ilmu Hubungan Internasional, dan (4) kehidupan keilmuan
Hubungan Internasional. Dalam tinjauan pustaka ini, penulis mengidentifikasi bahwa tiap
aspek tersebut saling terhubung satu sama lain. Sebagai sintesis, penulis menyusun rantai
kausal desain dan strategi pedagogi ilmu Hubungan Internasional dan memberikan kerangka
pemikiran untuk memahami signifikansi pedagogi dalam ilmu Hubungan Internasional.
Penulis juga memberikan refleksi atas kajian mengenai pedagogi ilmu Hubungan
Internasional. Tulisan ini ditutup dengan rekomendasi untuk kajian pedagogi ilmu Hubungan
Internasional di masa depan.
Deskripsi Lengkap