Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0015-2022/ETS HI Nat s
Judul Strategi Diplomasi Ekonomi Vietnam dan Indonesia dalam Menarik Investasi Asing Periode Tahun 2014 - 2019
Pengarang Natsha Nabilla Pulubuhu
Penerbit dan Distribusi 2022
Subjek Tulisan ini mengkaji tahapan strategi diplomasi ekonomi Indonesia dan Vietnam dalam
menarik investasi asing periode tahun 2014 - 2019. Dalam mengkaji fenomena tersebut,
studi ini menggunakan konsep diplomasi ekonomi di negara berkembang (economic
salesmanship, networking, image branding dan regulation management) yang ditawarkan
oleh Kishan Rana (2006). Adapun metodologi yang digunakan adalah metode kualitatif
melalui studi literatur dan pengumpulan data sekunder. Berdasarkan penelitian ditemukan
bahwa masih terdapat kekurangan di dalam strategi diplomasi ekonomi Indonesia
terutama dalam hal economic salesmanship, seperti penentuan fokus negara dari
masing-masing aktor serta dalam hal regulation management terkait koordinasi antara
pemangku kepentingan yang masih terhambat oleh adanya ego sektoral. Dari penelitian
juga didapatkan rekomendasi bagi Indonesia untuk dapat mengambil pengalaman strategi
Vietnam agar dapat bersaing dalam menarik investasi asing terutama di kawasan ASEAN.
Kata Kunci diplomasi ekonomi, investasi Asing, Indonesia, Vietnam
Lokasi MBRC
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0015-2022/ETS HI Nat s 0015-2022/ETS HI Nat s TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77987
Sampul
Abstrak
Tulisan ini mengkaji tahapan strategi diplomasi ekonomi Indonesia dan Vietnam dalam menarik investasi asing periode tahun 2014 - 2019. Dalam mengkaji fenomena tersebut, studi ini menggunakan konsep diplomasi ekonomi di negara berkembang (economic salesmanship, networking, image branding dan regulation management) yang ditawarkan oleh Kishan Rana (2006). Adapun metodologi yang digunakan adalah metode kualitatif melalui studi literatur dan pengumpulan data sekunder. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa masih terdapat kekurangan di dalam strategi diplomasi ekonomi Indonesia terutama dalam hal economic salesmanship, seperti penentuan fokus negara dari masing-masing aktor serta dalam hal regulation management terkait koordinasi antara pemangku kepentingan yang masih terhambat oleh adanya ego sektoral. Dari penelitian juga didapatkan rekomendasi bagi Indonesia untuk dapat mengambil pengalaman strategi Vietnam agar dapat bersaing dalam menarik investasi asing terutama di kawasan ASEAN.