Pengarang | Natsha Nabilla Pulubuhu |
Judul | Strategi Diplomasi Ekonomi Vietnam dan Indonesia dalam Menarik Investasi Asing Periode Tahun 2014 - 2019 |
Pembimbing/Supervisor | Dr. Drs. Fredy B. L. Tobing M.Si. |
Bahasa Utama | Indonesia |
Abstrak | Tulisan ini mengkaji tahapan strategi diplomasi ekonomi Indonesia dan Vietnam dalam
menarik investasi asing periode tahun 2014 - 2019. Dalam mengkaji fenomena tersebut,
studi ini menggunakan konsep diplomasi ekonomi di negara berkembang (economic
salesmanship, networking, image branding dan regulation management) yang ditawarkan
oleh Kishan Rana (2006). Adapun metodologi yang digunakan adalah metode kualitatif
melalui studi literatur dan pengumpulan data sekunder. Berdasarkan penelitian ditemukan
bahwa masih terdapat kekurangan di dalam strategi diplomasi ekonomi Indonesia
terutama dalam hal economic salesmanship, seperti penentuan fokus negara dari
masing-masing aktor serta dalam hal regulation management terkait koordinasi antara
pemangku kepentingan yang masih terhambat oleh adanya ego sektoral. Dari penelitian
juga didapatkan rekomendasi bagi Indonesia untuk dapat mengambil pengalaman strategi
Vietnam agar dapat bersaing dalam menarik investasi asing terutama di kawasan ASEAN. |
Jenis Bahan | |
Kode Bahasa | |
No. Induk | 0015-2022/ETS HI Nat s |
Catatan Umum | |
No. Barkod | 0015-2022/ETS HI Nat s |
Kata Kunci | diplomasi ekonomi, investasi Asing, Indonesia, Vietnam |
Kota Terbit | Depok |
Tahun | 2022 |
Subjek | Tulisan ini mengkaji tahapan strategi diplomasi ekonomi Indonesia dan Vietnam dalam
menarik investasi asing periode tahun 2014 - 2019. Dalam mengkaji fenomena tersebut,
studi ini menggunakan konsep diplomasi ekonomi di negara berkembang (economic
salesmanship, networking, image branding dan regulation management) yang ditawarkan
oleh Kishan Rana (2006). Adapun metodologi yang digunakan adalah metode kualitatif
melalui studi literatur dan pengumpulan data sekunder. Berdasarkan penelitian ditemukan
bahwa masih terdapat kekurangan di dalam strategi diplomasi ekonomi Indonesia
terutama dalam hal economic salesmanship, seperti penentuan fokus negara dari
masing-masing aktor serta dalam hal regulation management terkait koordinasi antara
pemangku kepentingan yang masih terhambat oleh adanya ego sektoral. Dari penelitian
juga didapatkan rekomendasi bagi Indonesia untuk dapat mengambil pengalaman strategi
Vietnam agar dapat bersaing dalam menarik investasi asing terutama di kawasan ASEAN. |
Tahun Buka Akses | |
Catatan Bibliografi | |
Penerbit | Fisip |
Pemilik | Fisip |
Pembatasan Akses | |
Lokasi | MBRC |
Catatan Disertasi | |
Akses dan Lokasi Elektronik | |
Sumber Koleksi | |
Deskripsi Fisik | |
Catatan Bahasa | |
No. Panggil | 0015-2022/ETS HI Nat s |
Deskripsi Lengkap