Pengarang | Alma Yulia Latifa |
Judul | Pelaksanaan Pembentukan Keterampilan Sosial Pada Anak Usia Dini di Himawari Daycare |
Pembimbing/Supervisor | Dra. Dwi Amalia Chandra Sekar, M.Si |
Bahasa Utama | Ind |
Abstrak | Skripsi ini membahas mengenai pelaksanaan pembentukan keterampilan sosial
pada anak usia dini serta manfaat yang dihasilkan dari proses pelaksanaan keterampilan
sosial yang dilaksanakan oleh Himawari Daycare. Tujuannya adalah mendeskripsikan
bagaimana pelaksanaan pembentukan keterampilan sosial di Himawari Daycare serta
manfaat dari keterampilan sosial tersebut dalam perkembangan anak. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data
melalui wawancara. Wawancara mendalam dilakukan terhadap 6 informan yang terdiri
dari kepala sekolah, staff pengajar, dan juga orang tua yang anaknya dititipkan di
Himawari Daycare. Proses pengambilan data dalam penelitian ini dilangsungkan pada
bulan Juli hingga Agustus tahun 2021. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa
pelaksanaan keterampilan sosial yang dilakukan Himawari daycare dalam membentuk
karakter anak adalah mengajarkan interaksi anak usia dini dalam suatu kelompok yang
dilakukan dengan melakukan pendekatan pada anak dan melatih kepercayaan diri anak.
Selanjutnya menciptakan lingkungan yang kondusif dengan cara mengajarkan sopan
santun pada anak, melatih kemandirian anak, dan mengajarkan disiplin pada anak.
Pemberian reward berupa pujian dan pemberian sticker dilakukan agar anak termotivasi
dalam melaksanakan kegiatan di Himawari daycare. Dalam memberikan pengajaran
untuk membentuk keterampilan sosial bagi anak usia dini, terdapat manfaat bagi anak
yaitu anak menjadi disiplin dan mandiri, mudah berinteraksi dengan orang lain, dan peka
terhadap orang lain. |
Jenis Bahan | Skripsi |
Kode Bahasa | Ind |
Catatan Umum | |
No. Induk | 0002-2022/ESK-KESOS |
No. Barkod | 0002-2022/ESK-KESOS |
Kata Kunci | Keterampilan sosial, anak usia dini, pengasuh, Himawari daycare |
Kota Terbit | Depok |
Tahun | 2022 |
Subjek | Skripsi ini membahas mengenai pelaksanaan pembentukan keterampilan sosial
pada anak usia dini serta manfaat yang dihasilkan dari proses pelaksanaan keterampilan
sosial yang dilaksanakan oleh Himawari Daycare. Tujuannya adalah mendeskripsikan
bagaimana pelaksanaan pembentukan keterampilan sosial di Himawari Daycare serta
manfaat dari keterampilan sosial tersebut dalam perkembangan anak. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data
melalui wawancara. Wawancara mendalam dilakukan terhadap 6 informan yang terdiri
dari kepala sekolah, staff pengajar, dan juga orang tua yang anaknya dititipkan di
Himawari Daycare. Proses pengambilan data dalam penelitian ini dilangsungkan pada
bulan Juli hingga Agustus tahun 2021. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa
pelaksanaan keterampilan sosial yang dilakukan Himawari daycare dalam membentuk
karakter anak adalah mengajarkan interaksi anak usia dini dalam suatu kelompok yang
dilakukan dengan melakukan pendekatan pada anak dan melatih kepercayaan diri anak.
Selanjutnya menciptakan lingkungan yang kondusif dengan cara mengajarkan sopan
santun pada anak, melatih kemandirian anak, dan mengajarkan disiplin pada anak.
Pemberian reward berupa pujian dan pemberian sticker dilakukan agar anak termotivasi
dalam melaksanakan kegiatan di Himawari daycare. Dalam memberikan pengajaran
untuk membentuk keterampilan sosial bagi anak usia dini, terdapat manfaat bagi anak
yaitu anak menjadi disiplin dan mandiri, mudah berinteraksi dengan orang lain, dan peka
terhadap orang lain. |
Tahun Buka Akses | |
Catatan Bibliografi | |
Penerbit | Fisip |
Pemilik | JKUNINDFISIPUI |
Pembatasan Akses | |
Lokasi | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Catatan Disertasi | |
Akses dan Lokasi Elektronik | Miriam Budiardjo Resource Center |
Sumber Koleksi | Mahasiswa |
Deskripsi Fisik | |
Catatan Bahasa | |
No. Panggil | 0002-2022/ESK-KESOS Alm p |
Deskripsi Lengkap