Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan faktor yang menghambat
kegiatan Pusat Informasi Konsultasi Keluarga (PIKK) melalui strategi pemasaran sosial.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi
lapangan dan studi pustaka, jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik
pemilihan informan yang digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian ini dilakukan
pada bulan Juni 2021. Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwa pelaksanaan
kegiatan Pusat Informasi Konsultasi Keluarga (PIKK) menggunakan strategi pemasaran
sosial. Terdapat beberapa faktor yang menghambat pelaksanaan kegiatan Pusat
Informasi Konsultasi Keluarga (PIKK) antara lain yaitu masyarakat tidak terbuka,
kegiatan tidak berjalan, pergantian pengurus, keterbatasan dalam
kompetensi/kemampuan pengurus, keterbatasan tempat, dan anggapan masyarakat.
Deskripsi Lengkap