Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi nilai Excellent Innovation yang
merupakan salah satu nilai dalam budaya organisasi PT X yaitu I CARE ? yang
merupakan singkatan dari Integrity, Commitment, Accountability, Respect, dan Excellent
Innovation, dan dampaknya pada pengembangan kualitas karyawan. Karyawan
merupakan pihak yang menggerakan perusahaan. Untuk mencapai tujuannya, perusahaan
perlu untuk memberikan perhatian pada kualitas karyawannya. Salah satu caranya yaitu
dengan menciptakan budaya organisasi yang mendorong pengembangan kualitas
karyawan yang juga menjadi sarana pemenuhan kesejahteraan individu dalam hal
pemaksimalan kesempatan individu untuk berkembang. Melalui nilai Excellent
Innovation, PT X mendorong karyawan terus berinovasi dan terus mengembangkan
kualitas baik produk maupun kualitas karyawan. Penelitian ini dilakukan dari bulan
Agustus 2021 hingga Desember 2021. Karena penelitian dilakukan dalam situasi
pandemi, pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur dilakukan secara
daring/online dengan 14 informan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil
penelitian ini mendeskripsikan implementasi nilai Excellent Innovation yang dilakukan
melalui (1) aktivitas continuous improvement, yaitu aktivitas membuat perbaikan dan
inovasi terkait hal yang berkaitan dengan pekerjaan dan area kerja karyawan yang
dilakukan secara individual melalui SS (Suggestion System) maupun grup melalui QCC
(Quality Control Circle) dan (2) program knowledge sharing, yaitu salah satu program
tahunan I CARE periode 2021-2022 yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan
karyawan, yang dilakukan melalui forum sharing, webinar, camping dan juga world tour
yang dilakukan di masa sebelum pandemi. Hasil penelitian ini juga mendeskripsikan
dampak dari nilai Excellent Innovation terhadap kualitas karyawan. Secara keseluruhan
nilai Excellent Innovation memberikan dampak terhadap peningkatan kualitas karyawan.
Dampak yang dirasakan karyawan antara lain adanya peningkatan kemampuan,
peningkatan pengetahuan, mendapatkan rekognisi, peningkatan jenjang karir dan
bertambahnya networking. Penelitian ini juga mendeskripsikan faktor-faktor yang
menjadi pendukung dan penghambat implementasi nilai Excellent Innovation. Faktor-
faktor pendukungnya antara lain adanya kebijakan, adanya dukungan dari atasan, adanya
komite di setiap divisi, terbukanya kesempatan belajar yang luas, adanya reward dan
adanya pelatihan mengenai aktivitas continuous improvement. Sedangkan faktor-faktor
penghambatnya antara lain adanya komite yang pasif, kurangnya sumber daya komite,
rendahnya kesadaran karyawan, tingginya aktivitas kerja, adanya pandemi Covid-19 dan
adanya kondisi lapangan yang berbeda.
Deskripsi Lengkap