Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0009-2022/ETS KES -Dwi i
Judul Implementasi Program KG English Club sebagai Bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Kompas Gramedia untuk Anak-anak
Pengarang Dwi Haryanti / 1906436412
Penerbit dan Distribusi 2022
Subjek Sebagai perusahaan yang bercita-cita mencerahkan masyarakat melalui berbagai jaringan
usahanya, Kompas Gramedia memiliki rangkaian kegiatan CSR di bidang pendidikan dengan
tajuk ?Inspirasi Pendidikan? di mana salah satunya yaitu KG English Club. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program KG English Club sebagai bentuk
Corporate Social Responsibility (CSR) Kompas Gramedia sekaligus memaparkan faktor
pendorong dan penghambat pelaksanaan program. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu
dengan wawancara mendalam, dokumentasi, dan materi audio-visual. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa bentuk pelaksanaan program KG English Club yaitu corporate
citizenship dengan metode cause branding dan kategori community voluntering. Tahapan
implementasi program dilakukan dengan kerangka implementasi CSR yaitu plan, do, check,
dan improve. Faktor pendorong dalam pelaksanaan program ini yaitu tidak adanya mata
pelajaran Bahasa Inggris pada kurikulum K-13 Sekolah Dasar (SD), adanya dukungan warga
sekitar dan orang tua, disediakannya fasilitas yang memadai, dan bekerjasama dengan pihak
yang kompeten. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan program ini yaitu tidak
adanya person in charge pengajar di setiap kelas, terbatasnya jumlah volunter, dan
tertundanya pelaksanaan periode selanjutnya karena pandemi virus covid-19.
Kata Kunci implementasi, corporate social responsibility, community volunteering, english club, pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak
Lokasi MBRC
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0009-2022/ETS KES -Dwi i 0009-2022/ETS KES -Dwi i TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78042
Sampul
Abstrak
Sebagai perusahaan yang bercita-cita mencerahkan masyarakat melalui berbagai jaringan usahanya, Kompas Gramedia memiliki rangkaian kegiatan CSR di bidang pendidikan dengan tajuk ?Inspirasi Pendidikan? di mana salah satunya yaitu KG English Club. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program KG English Club sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Kompas Gramedia sekaligus memaparkan faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara mendalam, dokumentasi, dan materi audio-visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelaksanaan program KG English Club yaitu corporate citizenship dengan metode cause branding dan kategori community voluntering. Tahapan implementasi program dilakukan dengan kerangka implementasi CSR yaitu plan, do, check, dan improve. Faktor pendorong dalam pelaksanaan program ini yaitu tidak adanya mata pelajaran Bahasa Inggris pada kurikulum K-13 Sekolah Dasar (SD), adanya dukungan warga sekitar dan orang tua, disediakannya fasilitas yang memadai, dan bekerjasama dengan pihak yang kompeten. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan program ini yaitu tidak adanya person in charge pengajar di setiap kelas, terbatasnya jumlah volunter, dan tertundanya pelaksanaan periode selanjutnya karena pandemi virus covid-19.