Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0019-2022 /ETS KES -Ren p
Judul Perkembangan Regulasi Kebijakan Zonasi Sekolah di Kota Depok
Pengarang Rendy Saputra
Penerbit dan Distribusi 2022
Subjek Tesis ini mendiskripsikan perkembangan regulasi kebijakan zonasi sekolah di Kota Depok
dari regulasi yang dibuat oleh pemerintah pusat yaitu melalui Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Proses
pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, studi literatur dan dokumentasi.
Kemudian data di olah dan dianalisa melalui teknik penyandian terbuka, dan aksial. Argumen
dirumuskan melalui analisa dengan menggunakan dimendi pendekatan kebijakan
kesejahteraan sosial oleh Neil Gilbert dan Paul Terrel (Gilbert, Terrell, 2008) sebagai
kerangka berpikir utama. Dari hasil analisa, ditemukan bahwa kebijakan zonasi sekolah
dalam kaitannya akses pendidikan bagi masyarakat kota Depok, dengan kebijakan
kesejahteraan sosial memiliki kesesuaian. Dari segi dimensi Allocation, kebijakan zonasi
sekolah sudah menentukan target penerima manfaat melihat dari lokasi domisili terdekat
peserta didik dengan sekolah dan usia peserta didik. Untuk dimensi Provision, kebijakan
zonasi sekolah memberikan kesempatan pendidikan formal dengan kuota lebih besar dan
terjangkau dari domisili dengan lokasi sekolah. Untuk dimensi Delivery, syarat dan ketentuan
untuk melakukan seleksi penerimaan peserta didik baru berdasarkan domisili tempat tinggal
terdekat melihat berdasarkan kepemilikan administrasi kependudukan yang terdaftar di kartu
keluarga. Pada dimensi Finance, anggaran kebijakan zonasi sekolah berasal dari pemerintah
pusat dan pemerintah daerah yang saling bersinergi untuk kepentingan pendidikan nasional
untuk menjamin pemerataan akses pendidikan dan peningkatan kesejahteraan.
Kata Kunci Kebijakan Zonasi Sekolah, Kebijakan Kesejahteraan Sosial
Lokasi MBRC
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0019-2022 /ETS KES -Ren p 0019-2022 /ETS KES -Ren p TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78052
Sampul
Abstrak
Tesis ini mendiskripsikan perkembangan regulasi kebijakan zonasi sekolah di Kota Depok dari regulasi yang dibuat oleh pemerintah pusat yaitu melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Kemudian data di olah dan dianalisa melalui teknik penyandian terbuka, dan aksial. Argumen dirumuskan melalui analisa dengan menggunakan dimendi pendekatan kebijakan kesejahteraan sosial oleh Neil Gilbert dan Paul Terrel (Gilbert, Terrell, 2008) sebagai kerangka berpikir utama. Dari hasil analisa, ditemukan bahwa kebijakan zonasi sekolah dalam kaitannya akses pendidikan bagi masyarakat kota Depok, dengan kebijakan kesejahteraan sosial memiliki kesesuaian. Dari segi dimensi Allocation, kebijakan zonasi sekolah sudah menentukan target penerima manfaat melihat dari lokasi domisili terdekat peserta didik dengan sekolah dan usia peserta didik. Untuk dimensi Provision, kebijakan zonasi sekolah memberikan kesempatan pendidikan formal dengan kuota lebih besar dan terjangkau dari domisili dengan lokasi sekolah. Untuk dimensi Delivery, syarat dan ketentuan untuk melakukan seleksi penerimaan peserta didik baru berdasarkan domisili tempat tinggal terdekat melihat berdasarkan kepemilikan administrasi kependudukan yang terdaftar di kartu keluarga. Pada dimensi Finance, anggaran kebijakan zonasi sekolah berasal dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang saling bersinergi untuk kepentingan pendidikan nasional untuk menjamin pemerataan akses pendidikan dan peningkatan kesejahteraan.