Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0022-2022 /ETS KES -Sit t
Judul Telaah Strategi Peningkatan Literasi Dasar di Jenjang Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19 Melalui Karsa Bogor Cerdas di Kabupaten Bogor Tahun 2019-2021
Pengarang Siti Hapsoh Riani
Penerbit dan Distribusi 2022
Subjek Tesis ini berisi telaah strategi peningkatan literasi dasar di jenjang sekolah dasar selama
pandemi Covid-19 melalui Karsa Bogor Cerdas di Kabupaten Bogor tahun 2019-2021
yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan tenaga pendidik. Latar belakang penelitian ini
adalah fenomena hilangnya kemampuan literasi pada peserta didik di jenjang sekolah
dasar, penurunan kualitas pendidikan yang dilihat melalui Indeks Pembangunan Manusia
di Kabupaten Bogor, dan timpangnya kualitas fasilitas penunjang kegiatan berliterasi di
sekolah di Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kondisi
literasi melalui praktik peningkatan literasi yang diupayakan Dinas Pendidikan
Kabupaten Bogor dan institusi sekolah dalam mengimplementasikan Karsa Bogor Cerdas
serta menjabarkan telaah strategi peningkatan literasi selama pandemi Covid-19 di
jenjang sekolah dasar di Kabupaten Bogor dalam payung pembangunan sosial dan konsep
peningkatan literasi sesuai panduan Gerakan Literasi Nasional. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Metode
pengumpulan data ditempuh dengan cara studi dokumen, wawancara mendalam dan
melakukan observasi. Informan penelitian terdiri dari Aparatur Sipil Negara Dinas
Pendidikan Kabupaten Bogor dan tenaga pendidik selaku pelaksana implementasi
program Karsa Bogor Cerdas yang berhubungan erat dengan kebijakan maupun program
strategis dalam meningkatkan literasi. Informan tenaga pendidik dipilih berdasarkan data
peserta yang mengikuti workshop literasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan
tahun 2019-2021. Kesimpulan penelitian ini terdapat beberapa strategi yang dilakukan
oleh tenaga pendidik dalam upaya meningkatkan kompetensi literasi dasar pada peserta
didik di jenjang sekolah dasar selama pandemi Covid-19, yakni fokus pada inovasi
pembelajaran yang menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan peserta didik.
Implementasi Karsa Bogor Cerdas yang diupayakan Dinas Pendidikan sebagai strategi
meningkatkan literasi dasar tetap dikombinasikan dengan kebijakan pusat terkait Gerakan
Literasi Nasional. Dinas Pendidikan selaku pembuat kebijakan mengimplementasikan
Karsa Bogor Cerdas dengan mengadakan pelaksanaan workshop literasi dan mengadakan
beberapa bantuan materiil seperti pemberian buku modul Bogor Cerdas, revitalisasi
perpustakaan sekolah, bantuan pemberian buku fiksi dan nonfiksi, dan beragam instruksi
kegiatan belajar mengajar guna mendukung aktivitas literasi di kelas.
Kata Kunci Literasi Dasar, Karsa Bogor Cerdas, Program Pendidikan, Pembangunan Sosial
Lokasi MBRC
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0022-2022 /ETS KES -Sit t 0022-2022 /ETS KES -Sit t TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78055
Sampul
Abstrak
Tesis ini berisi telaah strategi peningkatan literasi dasar di jenjang sekolah dasar selama pandemi Covid-19 melalui Karsa Bogor Cerdas di Kabupaten Bogor tahun 2019-2021 yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan tenaga pendidik. Latar belakang penelitian ini adalah fenomena hilangnya kemampuan literasi pada peserta didik di jenjang sekolah dasar, penurunan kualitas pendidikan yang dilihat melalui Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Bogor, dan timpangnya kualitas fasilitas penunjang kegiatan berliterasi di sekolah di Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kondisi literasi melalui praktik peningkatan literasi yang diupayakan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor dan institusi sekolah dalam mengimplementasikan Karsa Bogor Cerdas serta menjabarkan telaah strategi peningkatan literasi selama pandemi Covid-19 di jenjang sekolah dasar di Kabupaten Bogor dalam payung pembangunan sosial dan konsep peningkatan literasi sesuai panduan Gerakan Literasi Nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Metode pengumpulan data ditempuh dengan cara studi dokumen, wawancara mendalam dan melakukan observasi. Informan penelitian terdiri dari Aparatur Sipil Negara Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor dan tenaga pendidik selaku pelaksana implementasi program Karsa Bogor Cerdas yang berhubungan erat dengan kebijakan maupun program strategis dalam meningkatkan literasi. Informan tenaga pendidik dipilih berdasarkan data peserta yang mengikuti workshop literasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan tahun 2019-2021. Kesimpulan penelitian ini terdapat beberapa strategi yang dilakukan oleh tenaga pendidik dalam upaya meningkatkan kompetensi literasi dasar pada peserta didik di jenjang sekolah dasar selama pandemi Covid-19, yakni fokus pada inovasi pembelajaran yang menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan peserta didik. Implementasi Karsa Bogor Cerdas yang diupayakan Dinas Pendidikan sebagai strategi meningkatkan literasi dasar tetap dikombinasikan dengan kebijakan pusat terkait Gerakan Literasi Nasional. Dinas Pendidikan selaku pembuat kebijakan mengimplementasikan Karsa Bogor Cerdas dengan mengadakan pelaksanaan workshop literasi dan mengadakan beberapa bantuan materiil seperti pemberian buku modul Bogor Cerdas, revitalisasi perpustakaan sekolah, bantuan pemberian buku fiksi dan nonfiksi, dan beragam instruksi kegiatan belajar mengajar guna mendukung aktivitas literasi di kelas.