Tesis |
No. Panggil | 0022-2022 /ETS KES -Sit t |
Judul | Telaah Strategi Peningkatan Literasi Dasar di Jenjang Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19 Melalui Karsa Bogor Cerdas di Kabupaten Bogor Tahun 2019-2021 |
Pengarang | Siti Hapsoh Riani |
Penerbit dan Distribusi | 2022 |
Subjek | Tesis ini berisi telaah strategi peningkatan literasi dasar di jenjang sekolah dasar selama pandemi Covid-19 melalui Karsa Bogor Cerdas di Kabupaten Bogor tahun 2019-2021 yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan tenaga pendidik. Latar belakang penelitian ini adalah fenomena hilangnya kemampuan literasi pada peserta didik di jenjang sekolah dasar, penurunan kualitas pendidikan yang dilihat melalui Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Bogor, dan timpangnya kualitas fasilitas penunjang kegiatan berliterasi di sekolah di Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kondisi literasi melalui praktik peningkatan literasi yang diupayakan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor dan institusi sekolah dalam mengimplementasikan Karsa Bogor Cerdas serta menjabarkan telaah strategi peningkatan literasi selama pandemi Covid-19 di jenjang sekolah dasar di Kabupaten Bogor dalam payung pembangunan sosial dan konsep peningkatan literasi sesuai panduan Gerakan Literasi Nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Metode pengumpulan data ditempuh dengan cara studi dokumen, wawancara mendalam dan melakukan observasi. Informan penelitian terdiri dari Aparatur Sipil Negara Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor dan tenaga pendidik selaku pelaksana implementasi program Karsa Bogor Cerdas yang berhubungan erat dengan kebijakan maupun program strategis dalam meningkatkan literasi. Informan tenaga pendidik dipilih berdasarkan data peserta yang mengikuti workshop literasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan tahun 2019-2021. Kesimpulan penelitian ini terdapat beberapa strategi yang dilakukan oleh tenaga pendidik dalam upaya meningkatkan kompetensi literasi dasar pada peserta didik di jenjang sekolah dasar selama pandemi Covid-19, yakni fokus pada inovasi pembelajaran yang menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan peserta didik. Implementasi Karsa Bogor Cerdas yang diupayakan Dinas Pendidikan sebagai strategi meningkatkan literasi dasar tetap dikombinasikan dengan kebijakan pusat terkait Gerakan Literasi Nasional. Dinas Pendidikan selaku pembuat kebijakan mengimplementasikan Karsa Bogor Cerdas dengan mengadakan pelaksanaan workshop literasi dan mengadakan beberapa bantuan materiil seperti pemberian buku modul Bogor Cerdas, revitalisasi perpustakaan sekolah, bantuan pemberian buku fiksi dan nonfiksi, dan beragam instruksi kegiatan belajar mengajar guna mendukung aktivitas literasi di kelas. |
Kata Kunci | Literasi Dasar, Karsa Bogor Cerdas, Program Pendidikan, Pembangunan Sosial |
Lokasi | MBRC |
Deskripsi Lengkap