Pengarang | Achmad Salman Alfarisi |
Judul | Peran Pendidikan Sekolah Salafi Dan Kontribusinya Di Tengah Masyarakat (Studi Kasus Sekolah Salafi SMA Future Gate Bekasi) |
Pembimbing/Supervisor | Francisia S.S.E Seda, Ph.D |
Bahasa Utama | Indonesia |
Abstrak | Tesis ini mengulas tentang studi kasus sekolah salafi di SMA Future Gate Bekasi. Hal ini
diawali dari polemik moralitas bangsa yang semakin mengikis yang dikarenakan jauh dari
pendidikan yang dibekali agama, yakni Islam. Sedangkan agama itu sendiri terdapat
polemik, dimana banyak penyimpangan terjadi pada diri masyarakat yang bersumber pada
kesesatan beragama. Sehingga, melahirkan radikalisme dan terorisme yang dilakukan oleh
oknum agama dan berdampak pada sebagian masyarakat yang phobia terhadap agama.
Untuk itu, cara agar masyarakat kembali lagi pada agama, yakni dengan pemahaman agama
Islam yang benar. Selain itu, pendidikan yang dibekali agama menjadi semangat untuk
bersaing di era globalisasi melalui peran pendidikan sekolah Islam. Tesis ini juga
menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menekankan model eksploratif.
Hasil temuan tesis ini menunjukkan bahwa SMA Future Gate sebagai sekolah salafi yang
berada di tengah Kota Bekasi memiliki peran-peran pendidikan yang diterapkannya, melalui
kekhasan tersendiri pada strategi kurikulum pendidikan yang dikembang, yakni pertama,
terdapat dua strategi pengembangan pendidikan, yakni boarding school dan fullday school
dengan ciri keunggulan tersendiri. Strategi ini untuk mendapatkan kemudahan dan
kenyamanan akses pendidikan siswa terutama bagi mereka yang bertempat tinggal jauh
maupun yang relatif dekat dengan sekolah. Kedua, terdapat dua strategi pengembangan
kurikulum, yakni beriorientasi pada minat dan bakat siswa dan kebermanfaatan umat. Pada
persiapan pembekalan minat dan bakat, siswa dibimbing oleh Guru Bimbingan Konseling
(BK) dan dilanjut dengan pendalam materi persiapan Ujian Tulis Berbasis Komputer
(UTBK) untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dinaungi oleh Divisi FG
College. Adapun kebermanfaatan umat, sebagai orientasi siswa dari keahlian yang
dimilikinya dalam memberikan manfaat bagi umat atau masyarakat sekitar. Meski
menggunakan Kurikulum Nasional (K-13), kurikulum pendidikan di sekolah ini juga
dikembangkan berdasarkan pada Islam versi Salafi. Hal ini tertuang dalam praktik-praktik
kurikulum baik secara formal dan informal. Kemudian, bersamaan dengan peran pendidikan
ini pula, SMA FG memberikan bentuk-bentuk kontribusinya di tengah masyarakat, baik
secara langsung seperti pendekatan pada lingkungan setempat melalui sektor pendidikan,
sektor ekonomi, sektor sosial, dan sektor kesehatan, maupun secara tidak langsung seperti
nilai lebih yang dimiliki siswa boarding dan kebermanfaatan umat melalui penyebaran media
sosial. |
Jenis Bahan | |
Kode Bahasa | |
Catatan Umum | |
No. Induk | 0003-2022/ ETS SOS Ach p |
No. Barkod | 0003-2022/ ETS SOS Ach p |
Kata Kunci | Islam salafi, pendidikan Islam, kurikulum |
Kota Terbit | Depok |
Tahun | 2022 |
Subjek | Tesis ini mengulas tentang studi kasus sekolah salafi di SMA Future Gate Bekasi. Hal ini
diawali dari polemik moralitas bangsa yang semakin mengikis yang dikarenakan jauh dari
pendidikan yang dibekali agama, yakni Islam. Sedangkan agama itu sendiri terdapat
polemik, dimana banyak penyimpangan terjadi pada diri masyarakat yang bersumber pada
kesesatan beragama. Sehingga, melahirkan radikalisme dan terorisme yang dilakukan oleh
oknum agama dan berdampak pada sebagian masyarakat yang phobia terhadap agama.
Untuk itu, cara agar masyarakat kembali lagi pada agama, yakni dengan pemahaman agama
Islam yang benar. Selain itu, pendidikan yang dibekali agama menjadi semangat untuk
bersaing di era globalisasi melalui peran pendidikan sekolah Islam. Tesis ini juga
menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menekankan model eksploratif.
Hasil temuan tesis ini menunjukkan bahwa SMA Future Gate sebagai sekolah salafi yang
berada di tengah Kota Bekasi memiliki peran-peran pendidikan yang diterapkannya, melalui
kekhasan tersendiri pada strategi kurikulum pendidikan yang dikembang, yakni pertama,
terdapat dua strategi pengembangan pendidikan, yakni boarding school dan fullday school
dengan ciri keunggulan tersendiri. Strategi ini untuk mendapatkan kemudahan dan
kenyamanan akses pendidikan siswa terutama bagi mereka yang bertempat tinggal jauh
maupun yang relatif dekat dengan sekolah. Kedua, terdapat dua strategi pengembangan
kurikulum, yakni beriorientasi pada minat dan bakat siswa dan kebermanfaatan umat. Pada
persiapan pembekalan minat dan bakat, siswa dibimbing oleh Guru Bimbingan Konseling
(BK) dan dilanjut dengan pendalam materi persiapan Ujian Tulis Berbasis Komputer
(UTBK) untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dinaungi oleh Divisi FG
College. Adapun kebermanfaatan umat, sebagai orientasi siswa dari keahlian yang
dimilikinya dalam memberikan manfaat bagi umat atau masyarakat sekitar. Meski
menggunakan Kurikulum Nasional (K-13), kurikulum pendidikan di sekolah ini juga
dikembangkan berdasarkan pada Islam versi Salafi. Hal ini tertuang dalam praktik-praktik
kurikulum baik secara formal dan informal. Kemudian, bersamaan dengan peran pendidikan
ini pula, SMA FG memberikan bentuk-bentuk kontribusinya di tengah masyarakat, baik
secara langsung seperti pendekatan pada lingkungan setempat melalui sektor pendidikan,
sektor ekonomi, sektor sosial, dan sektor kesehatan, maupun secara tidak langsung seperti
nilai lebih yang dimiliki siswa boarding dan kebermanfaatan umat melalui penyebaran media
sosial. |
Tahun Buka Akses | |
Catatan Bibliografi | |
Penerbit | Fisip |
Pemilik | JKUNIDFISIP |
Pembatasan Akses | |
Lokasi | MBRC |
Catatan Disertasi | |
Akses dan Lokasi Elektronik | |
Sumber Koleksi | |
Deskripsi Fisik | |
Catatan Bahasa | |
No. Panggil | 0003-2022/ ETS SOS Ach p |
Deskripsi Lengkap