Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0016-2022/ETS SOS Vic a
Judul ADAPTASI BPJS KETENAGAKERJAAN MELALUI DIGITALISASI LAYANAN PUBLIK DI ERA COVID 19
Pengarang M Victor Wilson
Penerbit dan Distribusi 2022
Subjek Pandemi Covid 19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan dan ekonomi
namun juga merubah proses cara belajar, bekerja dan termasuk sektor layanan publik.
BPJS Ketenagakerjaan sebagai salah satu layanan publik di Indonesia dituntut untuk
segera beradaptasi dalam menjawab tantangan yang terjadi di tengah perubahan
interaksi masyarakat di masa Pandemi Covid 19. Aturan PSBB, kebijakan WAO dan
WFH di perkantoran dan tingginya jumlah klaim JHT akibat dampak ekonomi di era
pandemi. kondisi yang tidak ideal tersebut merupakan faktor tekanan lingkungan
institusional yang terjadi pada BPJS Ketenagakerjaan untuk segera merubah layanan
publiknya ke arah digitalisasi layanan. Dalam penelitian ini terlihat bagaimana peran
teori proaktif menggambarkan situasi adaptasi yang terjadi pada BPJS Ketenagakerjaan
melalui perubahan internal, yaitu dengan menyesuaikan struktur internal organisasi,
pola kerja, perencanaan dan aspek internal lainnya, terhadap karakteristik lingkungan
yang tengah terjadi. Melalui pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus serta teknik
pengumpulan data dilakukan melalui riset lapangan dan riset kepustakaan baik bersifat
primer dan sekunder. Peneliti melihat bahwa proses digitalisasi layanan yang dilakukan
BPJS Ketenagakerjaan dilakukan secara bertahap dan berubah-ubah demi mendapatkan
layanan yang ideal bagi publik. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa
melalui konsep institusional isomorfisme, BPJS Ketenagakerjaan melakukan
penyesuain diri dengan lingkungannya baik melalui isomorpisme koersif, isomorpisme
mimetik, dan isomorpisme normatif sangat mempengaruhi dalam menerapkan
digitalisasi layanannya.
Kata Kunci BPJS Ketenagakerjaan, Adaptasi Organisasi, Digitalisasi Layanan Publik. Institusional isomorfisme
Lokasi MBRC
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0016-2022/ETS SOS Vic a 0016-2022/ETS SOS Vic a TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78074
Sampul
Abstrak
Pandemi Covid 19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan dan ekonomi namun juga merubah proses cara belajar, bekerja dan termasuk sektor layanan publik. BPJS Ketenagakerjaan sebagai salah satu layanan publik di Indonesia dituntut untuk segera beradaptasi dalam menjawab tantangan yang terjadi di tengah perubahan interaksi masyarakat di masa Pandemi Covid 19. Aturan PSBB, kebijakan WAO dan WFH di perkantoran dan tingginya jumlah klaim JHT akibat dampak ekonomi di era pandemi. kondisi yang tidak ideal tersebut merupakan faktor tekanan lingkungan institusional yang terjadi pada BPJS Ketenagakerjaan untuk segera merubah layanan publiknya ke arah digitalisasi layanan. Dalam penelitian ini terlihat bagaimana peran teori proaktif menggambarkan situasi adaptasi yang terjadi pada BPJS Ketenagakerjaan melalui perubahan internal, yaitu dengan menyesuaikan struktur internal organisasi, pola kerja, perencanaan dan aspek internal lainnya, terhadap karakteristik lingkungan yang tengah terjadi. Melalui pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus serta teknik pengumpulan data dilakukan melalui riset lapangan dan riset kepustakaan baik bersifat primer dan sekunder. Peneliti melihat bahwa proses digitalisasi layanan yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan dilakukan secara bertahap dan berubah-ubah demi mendapatkan layanan yang ideal bagi publik. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa melalui konsep institusional isomorfisme, BPJS Ketenagakerjaan melakukan penyesuain diri dengan lingkungannya baik melalui isomorpisme koersif, isomorpisme mimetik, dan isomorpisme normatif sangat mempengaruhi dalam menerapkan digitalisasi layanannya.