Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0021-2022/ ETS SOS Rog p
Judul Partisipasi Anak Dalam Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak: Pemenuhan Hak Partisipasi Anak. Studi Kasus Pada Forum Anak Jakarta Timur.
Pengarang Roganda Sadani Ukur Solin
Penerbit dan Distribusi 2022
Subjek Anak pada dasarnya adalah subjek utama dalam upaya mencegah kekerasan terhadap anak.
Oleh karena itu, penelitia ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana implementasi
pemenuhan hak partisipasi anak dalam pencegahan kekerasan terhadap anak. Kajian-kajian
selama ini umumnya fokus pada partisipasi anak dalam hak pendidikan, pembangunan kota
layak anak dan partisipasi dalam penelitian. Masih terbatas yang mengangkat partisipasi
anak dalam konteks pemenuhan hak perlindungan dari kekerasan. Ruang lingkup
penelitian ini merujuk pada konsepsi Lundy (2007) tentang meaningful child participation
yang mencakup 4 aspek yakni: Voice, Space, Influence dan Audience (Lundy, 2007).
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus pada Forum Anak
di Jakarta Timur. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa anak secara struktural sudah
diberikan ruang untuk berpartisipasi (space) dan kesempatan untuk bersuara (voice) di
ruang publik. Namun, anak masih terbatas berdialog dengan pihak -pihak strategis,
termasuk para pembuat keputusan (audience). Meskipun anak sudah bersuara, belum ada
tindaklanjut-nya (influence). Tampaknya anak belum dipandang sebagai stakeholder/ agen
yang strategis dan berpengaruh. Hal ini tercermin dari lemahnya rekognisi pada
pandangan/ suara anak, khususnya dalam upaya memperkuat langkah pencegahan
kekerasan terhadap anak. Temuan ini tidak dapat dipisahkan dari cara pandang pemerintah
yang masih menempatkan anak sebagai objek dalam pembangunan dan pengorganisasian
Forum Anak yang sekedar menjawab agenda pemerintah. Pemenuhan partisipasi anak
dalam pencegahan kekerasan belum meaningful (bermakna) bagi anak.
Kata Kunci partisipasi anak, pemenuhan hak-hak anak, pencegahan kekerasan terhadap anak, meaningful participation.
Lokasi MBRC
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0021-2022/ ETS SOS Rog p 0021-2022/ ETS SOS Rog p TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78079
Sampul
Abstrak
Anak pada dasarnya adalah subjek utama dalam upaya mencegah kekerasan terhadap anak. Oleh karena itu, penelitia ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana implementasi pemenuhan hak partisipasi anak dalam pencegahan kekerasan terhadap anak. Kajian-kajian selama ini umumnya fokus pada partisipasi anak dalam hak pendidikan, pembangunan kota layak anak dan partisipasi dalam penelitian. Masih terbatas yang mengangkat partisipasi anak dalam konteks pemenuhan hak perlindungan dari kekerasan. Ruang lingkup penelitian ini merujuk pada konsepsi Lundy (2007) tentang meaningful child participation yang mencakup 4 aspek yakni: Voice, Space, Influence dan Audience (Lundy, 2007). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus pada Forum Anak di Jakarta Timur. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa anak secara struktural sudah diberikan ruang untuk berpartisipasi (space) dan kesempatan untuk bersuara (voice) di ruang publik. Namun, anak masih terbatas berdialog dengan pihak -pihak strategis, termasuk para pembuat keputusan (audience). Meskipun anak sudah bersuara, belum ada tindaklanjut-nya (influence). Tampaknya anak belum dipandang sebagai stakeholder/ agen yang strategis dan berpengaruh. Hal ini tercermin dari lemahnya rekognisi pada pandangan/ suara anak, khususnya dalam upaya memperkuat langkah pencegahan kekerasan terhadap anak. Temuan ini tidak dapat dipisahkan dari cara pandang pemerintah yang masih menempatkan anak sebagai objek dalam pembangunan dan pengorganisasian Forum Anak yang sekedar menjawab agenda pemerintah. Pemenuhan partisipasi anak dalam pencegahan kekerasan belum meaningful (bermakna) bagi anak.