Pengarang | Haerul Al Aziz |
Judul | Kontrol Sosial Informal sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Non-Fisik oleh Siswa terhadap Guru di Sekolah Menengah Atas (Studi di SMAN A, SMAN B, SMAS X dan SMAS Y) |
Pembimbing/Supervisor | Dr. Mohammad Kemal Dermawan, M.Si |
Bahasa Utama | Indonesia |
Abstrak | Tesis ini membahas kontrol sosial informal sebagai upaya pencegahan kekerasan siswa
terhadap guru di sekolah menengah atas, serta perbandingannya antara empat sekolah
yang terdiri dari dua sekolah negeri dan swasta. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan menggunakan metode wawancara tidak berstruktur, yang dilakukan
pada guru dan pihak manajemen sekolah yang pernah mengalami atau menjadi saksi
tindak kekerasan siswa terhadap guru baik secara verbal mau pun non-verbal. Selain itu,
penelitian ini juga mendalami kekuatan kontrol sosial informal yang ada di masing-
masing sekolah melalui hubungan guru dengan siswa, hubungan guru dengan orang tua,
serta konsistensi dan komitmen dalam menjalankan keadilan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hubungan guru dengan siswa dan hubungan guru dengan orang tua
lebih dibutuhkan di sekolah swasta daripada sekolah negeri. Hal ini berkaitan dengan
adanya kesenjangan kelas sosial antara guru dan siswa yang menuntut guru untuk lebih
intens dalam memenuhi kebutuhan siswa dan harapan orang tua. Banyaknya jumlah siswa
dan adanya kelas sosial yang beragam di sekolah negeri menjadikan hubungan-hubungan
di atas dicukupkan pada batasan-batasan tertentu. Sedangkan konsistensi dan komitmen
dalam menjalankan keadilan merupakan faktor yang signifikan di masing-masing sekolah
dalam rangka mencegah kekerasan itu sendiri. Dalam penelitian ini juga terdapat
rekomendasi dari berbagai level demi meningkatkan kesadaran pentingnya peningkatan
kontrol sosial dalam rangka mencegah kekerasan yang ada di sekolah, khususnya siswa
terhadap guru. |
Jenis Bahan | |
Kode Bahasa | |
Catatan Umum | |
No. Induk | 0004 -2022 /ETS KRIM Hae k |
No. Barkod | 0004 -2022 /ETS KRIM Hae k |
Kata Kunci | Kontrol Sosial Informal, Pencegahan Kekerasan, Kekerasan Siswa, Kekerasan terhadap Guru, Sekolah Menengah Atas |
Kota Terbit | Depok |
Tahun | 2022 |
Subjek | Tesis ini membahas kontrol sosial informal sebagai upaya pencegahan kekerasan siswa
terhadap guru di sekolah menengah atas, serta perbandingannya antara empat sekolah
yang terdiri dari dua sekolah negeri dan swasta. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan menggunakan metode wawancara tidak berstruktur, yang dilakukan
pada guru dan pihak manajemen sekolah yang pernah mengalami atau menjadi saksi
tindak kekerasan siswa terhadap guru baik secara verbal mau pun non-verbal. Selain itu,
penelitian ini juga mendalami kekuatan kontrol sosial informal yang ada di masing-
masing sekolah melalui hubungan guru dengan siswa, hubungan guru dengan orang tua,
serta konsistensi dan komitmen dalam menjalankan keadilan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hubungan guru dengan siswa dan hubungan guru dengan orang tua
lebih dibutuhkan di sekolah swasta daripada sekolah negeri. Hal ini berkaitan dengan
adanya kesenjangan kelas sosial antara guru dan siswa yang menuntut guru untuk lebih
intens dalam memenuhi kebutuhan siswa dan harapan orang tua. Banyaknya jumlah siswa
dan adanya kelas sosial yang beragam di sekolah negeri menjadikan hubungan-hubungan
di atas dicukupkan pada batasan-batasan tertentu. Sedangkan konsistensi dan komitmen
dalam menjalankan keadilan merupakan faktor yang signifikan di masing-masing sekolah
dalam rangka mencegah kekerasan itu sendiri. Dalam penelitian ini juga terdapat
rekomendasi dari berbagai level demi meningkatkan kesadaran pentingnya peningkatan
kontrol sosial dalam rangka mencegah kekerasan yang ada di sekolah, khususnya siswa
terhadap guru. |
Tahun Buka Akses | |
Catatan Bibliografi | |
Penerbit | Fisip |
Pemilik | JKUNIDFISIP |
Pembatasan Akses | |
Lokasi | MBRC |
Catatan Disertasi | |
Akses dan Lokasi Elektronik | |
Sumber Koleksi | |
Deskripsi Fisik | |
Catatan Bahasa | |
No. Panggil | 0004 -2022 /ETS KRIM Hae k |
Deskripsi Lengkap