Tesis |
No. Panggil | 0004 -2022 /ETS KRIM Hae k |
Judul | Kontrol Sosial Informal sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Non-Fisik oleh Siswa terhadap Guru di Sekolah Menengah Atas (Studi di SMAN A, SMAN B, SMAS X dan SMAS Y) |
Pengarang | Haerul Al Aziz |
Penerbit dan Distribusi | 2022 |
Subjek | Tesis ini membahas kontrol sosial informal sebagai upaya pencegahan kekerasan siswa terhadap guru di sekolah menengah atas, serta perbandingannya antara empat sekolah yang terdiri dari dua sekolah negeri dan swasta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara tidak berstruktur, yang dilakukan pada guru dan pihak manajemen sekolah yang pernah mengalami atau menjadi saksi tindak kekerasan siswa terhadap guru baik secara verbal mau pun non-verbal. Selain itu, penelitian ini juga mendalami kekuatan kontrol sosial informal yang ada di masing- masing sekolah melalui hubungan guru dengan siswa, hubungan guru dengan orang tua, serta konsistensi dan komitmen dalam menjalankan keadilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan guru dengan siswa dan hubungan guru dengan orang tua lebih dibutuhkan di sekolah swasta daripada sekolah negeri. Hal ini berkaitan dengan adanya kesenjangan kelas sosial antara guru dan siswa yang menuntut guru untuk lebih intens dalam memenuhi kebutuhan siswa dan harapan orang tua. Banyaknya jumlah siswa dan adanya kelas sosial yang beragam di sekolah negeri menjadikan hubungan-hubungan di atas dicukupkan pada batasan-batasan tertentu. Sedangkan konsistensi dan komitmen dalam menjalankan keadilan merupakan faktor yang signifikan di masing-masing sekolah dalam rangka mencegah kekerasan itu sendiri. Dalam penelitian ini juga terdapat rekomendasi dari berbagai level demi meningkatkan kesadaran pentingnya peningkatan kontrol sosial dalam rangka mencegah kekerasan yang ada di sekolah, khususnya siswa terhadap guru. |
Kata Kunci | Kontrol Sosial Informal, Pencegahan Kekerasan, Kekerasan Siswa, Kekerasan terhadap Guru, Sekolah Menengah Atas |
Lokasi | MBRC |
Deskripsi Lengkap