Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0007-2022 /ETS KRIM Jun e
Judul Efektivitas Perlindungan Korban Kejahatan Korporasi (Studi Kasus Meikarta)
Pengarang Juniati
Penerbit dan Distribusi 2022
Subjek Permasalahan korban belum menjadi pengetahuan umum dan dasar bagi para pembuat
regulasi, masih mencari bentuk terbaik dalam perlindungan korban. Situasi struktural
menjadikan konsumen sebagai target yang tepat untuk menjadi korban, karena
perlindungan korban masih dikelilingi oleh pemilik kekuasaan. Perlindungan korban
yang terjadi selama ini selalu melibatkan intervensi negara dengan menggunakan
prinsip-prinsip kekuasaan polisi atau aparat hukum terkait. Dalam kasus konsumen
meikarta, kejahatan korporasi bukan satu-satunya masalah, akan tetapi kebanyakan yang
terjadi adalah kejahatan korporasi. Bahkan konsumen tidak menyadari bahwa mereka
menjadi korban kejahatan tersebut. Tesis ini membahas tentang upaya perlindungan
korban dari kejahatan korporasi yang terjadi pada konsumen Meikarta, dimana sangat
diharapkan dapat dilakukan secara efektif tanpa intervensi dari aspek kekuasaan.

Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif dengan menekankan pada data-
data hasil lapangan, observasi dan wawancara narasumber mengenai upaya

perlindungan korban karena kejahatan korporasi khususnya konsumen Meikarta. Tujuan
penelitian yaitu memposisikan korban dalam perlindungan sebagai pusat dalam proses
pelayanan korban.
Kata Kunci Perlindungan Korban, Kejahatan Korporasi, Korban, Konsumen
Lokasi MBRC
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0007-2022 /ETS KRIM Jun e 0007-2022 /ETS KRIM Jun e TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78152
Sampul
Abstrak
Permasalahan korban belum menjadi pengetahuan umum dan dasar bagi para pembuat regulasi, masih mencari bentuk terbaik dalam perlindungan korban. Situasi struktural menjadikan konsumen sebagai target yang tepat untuk menjadi korban, karena perlindungan korban masih dikelilingi oleh pemilik kekuasaan. Perlindungan korban yang terjadi selama ini selalu melibatkan intervensi negara dengan menggunakan prinsip-prinsip kekuasaan polisi atau aparat hukum terkait. Dalam kasus konsumen meikarta, kejahatan korporasi bukan satu-satunya masalah, akan tetapi kebanyakan yang terjadi adalah kejahatan korporasi. Bahkan konsumen tidak menyadari bahwa mereka menjadi korban kejahatan tersebut. Tesis ini membahas tentang upaya perlindungan korban dari kejahatan korporasi yang terjadi pada konsumen Meikarta, dimana sangat diharapkan dapat dilakukan secara efektif tanpa intervensi dari aspek kekuasaan. Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif dengan menekankan pada data- data hasil lapangan, observasi dan wawancara narasumber mengenai upaya perlindungan korban karena kejahatan korporasi khususnya konsumen Meikarta. Tujuan penelitian yaitu memposisikan korban dalam perlindungan sebagai pusat dalam proses pelayanan korban.