Pengarang | Juniati |
Judul | Efektivitas Perlindungan Korban Kejahatan Korporasi (Studi Kasus Meikarta) |
Pembimbing/Supervisor | Dr. Drs. Mohammad Kemal Dermawan, M.Si |
Bahasa Utama | Indonesia |
Abstrak | Permasalahan korban belum menjadi pengetahuan umum dan dasar bagi para pembuat
regulasi, masih mencari bentuk terbaik dalam perlindungan korban. Situasi struktural
menjadikan konsumen sebagai target yang tepat untuk menjadi korban, karena
perlindungan korban masih dikelilingi oleh pemilik kekuasaan. Perlindungan korban
yang terjadi selama ini selalu melibatkan intervensi negara dengan menggunakan
prinsip-prinsip kekuasaan polisi atau aparat hukum terkait. Dalam kasus konsumen
meikarta, kejahatan korporasi bukan satu-satunya masalah, akan tetapi kebanyakan yang
terjadi adalah kejahatan korporasi. Bahkan konsumen tidak menyadari bahwa mereka
menjadi korban kejahatan tersebut. Tesis ini membahas tentang upaya perlindungan
korban dari kejahatan korporasi yang terjadi pada konsumen Meikarta, dimana sangat
diharapkan dapat dilakukan secara efektif tanpa intervensi dari aspek kekuasaan.
Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif dengan menekankan pada data-
data hasil lapangan, observasi dan wawancara narasumber mengenai upaya
perlindungan korban karena kejahatan korporasi khususnya konsumen Meikarta. Tujuan
penelitian yaitu memposisikan korban dalam perlindungan sebagai pusat dalam proses
pelayanan korban. |
Jenis Bahan | |
Kode Bahasa | |
Catatan Umum | |
No. Induk | 0007-2022 /ETS KRIM Jun e |
No. Barkod | 0007-2022 /ETS KRIM Jun e |
Kata Kunci | Perlindungan Korban, Kejahatan Korporasi, Korban, Konsumen |
Kota Terbit | Depok |
Tahun | 2022 |
Subjek | Permasalahan korban belum menjadi pengetahuan umum dan dasar bagi para pembuat
regulasi, masih mencari bentuk terbaik dalam perlindungan korban. Situasi struktural
menjadikan konsumen sebagai target yang tepat untuk menjadi korban, karena
perlindungan korban masih dikelilingi oleh pemilik kekuasaan. Perlindungan korban
yang terjadi selama ini selalu melibatkan intervensi negara dengan menggunakan
prinsip-prinsip kekuasaan polisi atau aparat hukum terkait. Dalam kasus konsumen
meikarta, kejahatan korporasi bukan satu-satunya masalah, akan tetapi kebanyakan yang
terjadi adalah kejahatan korporasi. Bahkan konsumen tidak menyadari bahwa mereka
menjadi korban kejahatan tersebut. Tesis ini membahas tentang upaya perlindungan
korban dari kejahatan korporasi yang terjadi pada konsumen Meikarta, dimana sangat
diharapkan dapat dilakukan secara efektif tanpa intervensi dari aspek kekuasaan.
Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif dengan menekankan pada data-
data hasil lapangan, observasi dan wawancara narasumber mengenai upaya
perlindungan korban karena kejahatan korporasi khususnya konsumen Meikarta. Tujuan
penelitian yaitu memposisikan korban dalam perlindungan sebagai pusat dalam proses
pelayanan korban. |
Tahun Buka Akses | |
Catatan Bibliografi | |
Penerbit | Fisip |
Pemilik | JKUNIDFISIP |
Pembatasan Akses | |
Lokasi | MBRC |
Catatan Disertasi | |
Akses dan Lokasi Elektronik | |
Sumber Koleksi | |
Deskripsi Fisik | |
Catatan Bahasa | |
No. Panggil | 0007-2022 /ETS KRIM Jun e |
Deskripsi Lengkap