Studi mengenai tren investasi bagi kawula muda menjadi topik yang hangat dibicarakan di
lingkungan sosial, berita, dan karya ilmiah. Persoalannya, pemahaman akan fenomena
meningkatnya minat investasi ini terbatas pada soal aksesibilitas terhadap alat investasi
maupun hype semata. Seolah-olah para investor akan melakukan investasi apabila mereka
memiliki aplikasi investasi dan orang di sekitar banyak yang melakukan hal tersebut.
Dalam studi ini, saya menemukan bahwa individu melakukan investasi dengan alasan yang
jauh lebih mendalam, yaitu berkenaan dengan harga diri mereka. Menggunakan wawancara
mendalam dan observasi partisipan terhadap suatu subkategori Generasi Z, tulisan ini
dibuat dengan maksud mengkaji dinamika mengenai bagaimana dan apa saja faktor dari
seseorang bisa melakukan investasi dan bagaimana harga diri menjadi topik yang sangat
relevan untuk menjawab hal tersebut. Pendapat saya, investasi dilakukan sebagai respon
adaptasi untuk mengamalkan nilai-nilai yang berlaku di lingkungan mereka sehingga
mereka mendapat validasi sosial. Narasi kesuksesan adalah nilai yang harus mereka
junjung demi bisa beradaptasi di lingkungannya dan mendapatkan harga diri mereka
sebagai anggota kelompok sosial mereka.
Deskripsi Lengkap