Pembelajaran daring yang diberlakukan selama pandemi Covid-19 di Indonesia
memberikan persepsi yang berbeda mengenai ruang belajar terhadap mahasiswa.
Mahasiswa harus beradaptasi dengan ruang belajar sehingga menimbulkan persepsi ruang
belajar selama pembelajaran daring. Hal ini didasarkan pada proses dwelling yang
dilakukan mahasiswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan persepsi dan proses dwelling mahasiswa mengenai ruang belajar pada
prodi X angkatan 2018 Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi
pustaka. Informan pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi X angkatan 2018
Universitas Indonesia. Penemuan dilapangan menunjukkan adanya perbedaan dalam
proses dwelling yang terjadi pada mahasiswa mengenai persepsi ruang belajar itu sendiri.
Informan dalam penelitian ini berpendapat bahwa pembelajaran daring lebih fleksibel.
Informan juga berpendapat pembelajaran daring terasa membosankan. Pengalaman yang
dirasakan informan ketika pembelajaran daring yaitu adanya perubahan pola aktivitas
informan ketika melakukan pembelajaran daring di tempat tinggalnya. Selain itu,
pembelajaran daring memberikan kebebasan informan untuk melakukan aktivitas lain.
Deskripsi Lengkap