Perkembangan fotografi pada masyarakat modern didukung dengan perkembangan
teknologi yang semakin canggih. Pada masyarakat modern, fotografi menjadi
bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam aktivitas sehari ? hari. Bidang fotografi
saat ini menawarkan berbagai pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan manusia,
seperti pernikahan, wisuda, pesta, foto produk, dan berbagai momen berharga yang
ingin diabadikan atau dikenang melalui sebuah foto. Luasnya peminat dalam
fotografi tersebut dimanfaatkan oleh sekelompok orang sebagai sebuah motivasi
untuk membangun jasa fotografi. Sejalan dengan proses pengerjaannya, jasa
fotografi tersebut menciptakan sebuah fenomena hiperrealitas sebagai sebuah
representasi dari produk foto dan video yang dihasilkan. Representasi tersebut
dibutuhkan oleh konsumen untuk menunjukkan citraan mereka melalui hasil foto
atau video yang dapat diunggahnya melalui media sosial. Dengan begitu,
menimbulkan persepsi pada masyarakat yang melihatnya seolah ? olah foto dan
video tersebut benar adanya. Padahal foto dan video yang dihasilkan oleh jasa
fotografi telah dikonsepkan, diatur, dan ditata sedemikian rupa sehingga terlihat
lebih indah dan lebih cantik dibandingkan aslinya. Penelitian ini dilakukan pada
salah satu jasa fotografi di Depok yaitu inLAV Creative Project dengan
menggunakan pendekatan etnografi.
Deskripsi Lengkap