Dalam beberapa tahun terakhir, musik populer yang berasal dari Korea Selatan atau Korean Pop (K-Pop)
mengalami perkembangan yang sangat pesat dan meluas secara global. Demi menjangkau para penggemar dan
khalayak luas, NCT sebagai grup K-Pop menggunakan global marketing sebagai salah satu strategi untuk
memasarkan grupnya ke ranah global. Makalah ini bertujuan untuk menganalisis global marketing yang dilakukan
oleh NCT ketika melakukan aktivitas pemasaran dalam konteks global melalui pendekatan standardization dan
adaptation di wilayah Amerika dan Asia Tenggara. Perolehan data dilakukan menggunakan metode desk research,
melalui berbagai sumber yang dipublikasi. Meskipun aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh NCT kepada kedua
negara tersebut terlihat sama, hasil analisis menunjukkan bahwa pada saat memasuki pasar Amerika, NCT lebih
banyak mengupayakan marketing mix berupa promotion. Sebaliknya, pada konteks Asia Tenggara NCT lebih
mengoptimalkan marketing mix berbentuk product.
Deskripsi Lengkap