Trailer film horor Indonesia kurang mendapatkan perhatian sebagai bahan penelitian.
Padahal, trailer merupakan sarana beriklan paling komprehensif dari sebuah film, di mana
berbagai hal penting disajikan di dalamnya. Studi ini berupaya menguraikan bagaimana
ketakutan dibangun di dalam trailer film horor Indonesia dan membandingkan cara
membangun narasi dalam trailer tersebut. Riset analisis konten secara kualitatif dilakukan
terhadap 10 trailer dari film yang mampu meraih minimal 1 juta penonton pada 2017-2018.
Penelitian ini menemukan bahwa ketakutan dibangun melalui efek suara dan cahaya dengan
narasi yang dibangun dalam tiga babak: pengenalan, konflik, dan klimaks. Ada metafora
?pintu? yang dipakai untuk memperlihatkan pemisahan dunia manusia dan dunia ?lain?.
Narasi memasukkan unsur legenda urban, mitos, kepercayaan masyarakat setempat. Daya
tarik bintang dalam trailer film juga tidak hanya artis pemeran utama, namun bisa juga
sutradara film tersebut.
Deskripsi Lengkap