Deskripsi Lengkap

PengarangAmelia Yeza Pradhipta
JudulApropriasi Pemain Pada Free-to-Play Game (Studi Kasus Pada Pemain Gacha Game)
Pembimbing/SupervisorEndah Triastuti, S.Sos., M.Hum., Ph.D.
Bahasa UtamaInd
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi apropriasi yang dilakukan pemain untuk menghindari aspek emosional dari model free-to-play gacha game. Mekanisme lotre gacha yang merupakan bentuk monetisasi utama dari gacha game memanfaatkan ikatan emosional pemain dengan karakter game untuk memaksimalkan keuntungan. Pemain gacha game yang telah terikat dengan karakter game akan terpancing untuk membeli kesempatan penggunaan lotre gacha secara berlebihan. Pada penelitian ini proses keterlibatan audiens dengan figur media dan konsep game appropriation digunakan untuk memahami lebih dalam mengenai motivasi serta bentuk apropriasi yang dilakukan oleh pemain gacha game. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dan pengumpulan data melalui wawancara daring. Berdasarkan jawaban dari sepuluh orang pemain gacha game, penelitian ini menemukan bahwa motivasi pemain mengapropriasi model free-to-play gacha game adalah adanya kekhawatiran ketidakmampuan untuk mengendalikan diri akibat keinginan untuk memiliki karakter game yang disukai. Oleh sebab itu, masing-masing pemain gacha game memiliki strategi untuk menekan pembelian yang impulsif dan frekuensi penggunaan gacha.
Jenis Bahan
Kode Bahasa
Catatan Umum
No. Induk0005-2022/ETS-KOM Ame a
No. Barkod0005-2022/ETS-KOM Ame a
Kata Kuncigacha game, video game appropriation, interaksi para-sosial, identifikasi, character attachment
Kota TerbitDepok
Tahun2022
Subjekgacha game, video game appropriation, interaksi para-sosial, identifikasi, character attachment
Tahun Buka Akses
Catatan Bibliografi
PenerbitFISIP UI
PemilikJKUNDFISIP
Pembatasan Akses
LokasiMBRC
Catatan Disertasi
Akses dan Lokasi ElektronikFisip UI
Sumber Koleksi
Deskripsi Fisik
Catatan Bahasa
No. Panggil0005-2022/ETS-KOM Ame a
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0005-2022/ETS-KOM Ame a 0005-2022/ETS-KOM Ame a TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78209
Sampul
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi apropriasi yang dilakukan pemain untuk menghindari aspek emosional dari model free-to-play gacha game. Mekanisme lotre gacha yang merupakan bentuk monetisasi utama dari gacha game memanfaatkan ikatan emosional pemain dengan karakter game untuk memaksimalkan keuntungan. Pemain gacha game yang telah terikat dengan karakter game akan terpancing untuk membeli kesempatan penggunaan lotre gacha secara berlebihan. Pada penelitian ini proses keterlibatan audiens dengan figur media dan konsep game appropriation digunakan untuk memahami lebih dalam mengenai motivasi serta bentuk apropriasi yang dilakukan oleh pemain gacha game. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dan pengumpulan data melalui wawancara daring. Berdasarkan jawaban dari sepuluh orang pemain gacha game, penelitian ini menemukan bahwa motivasi pemain mengapropriasi model free-to-play gacha game adalah adanya kekhawatiran ketidakmampuan untuk mengendalikan diri akibat keinginan untuk memiliki karakter game yang disukai. Oleh sebab itu, masing-masing pemain gacha game memiliki strategi untuk menekan pembelian yang impulsif dan frekuensi penggunaan gacha.