Pengarang | Amelia Yeza Pradhipta |
Judul | Apropriasi Pemain Pada Free-to-Play Game (Studi Kasus Pada Pemain Gacha Game) |
Pembimbing/Supervisor | Endah Triastuti, S.Sos., M.Hum., Ph.D. |
Bahasa Utama | Ind |
Abstrak | Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi apropriasi yang dilakukan pemain untuk menghindari aspek emosional dari model free-to-play gacha game. Mekanisme lotre gacha
yang merupakan bentuk monetisasi utama dari gacha game memanfaatkan ikatan emosional pemain dengan karakter game untuk memaksimalkan keuntungan. Pemain gacha game yang
telah terikat dengan karakter game akan terpancing untuk membeli kesempatan penggunaan lotre gacha secara berlebihan. Pada penelitian ini proses keterlibatan audiens dengan figur media dan konsep game appropriation digunakan untuk memahami lebih dalam mengenai
motivasi serta bentuk apropriasi yang dilakukan oleh pemain gacha game. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dan pengumpulan data melalui wawancara daring. Berdasarkan jawaban dari sepuluh orang pemain gacha game, penelitian ini menemukan bahwa motivasi pemain mengapropriasi model free-to-play gacha game adalah adanya kekhawatiran ketidakmampuan untuk mengendalikan diri akibat keinginan untuk memiliki karakter game yang disukai. Oleh sebab itu, masing-masing pemain gacha game memiliki strategi untuk menekan pembelian yang impulsif dan frekuensi penggunaan gacha. |
Jenis Bahan | |
Kode Bahasa | |
Catatan Umum | |
No. Induk | 0005-2022/ETS-KOM Ame a |
No. Barkod | 0005-2022/ETS-KOM Ame a |
Kata Kunci | gacha game, video game appropriation, interaksi para-sosial, identifikasi, character attachment |
Kota Terbit | Depok |
Tahun | 2022 |
Subjek | gacha game, video game appropriation, interaksi para-sosial, identifikasi,
character attachment |
Tahun Buka Akses | |
Catatan Bibliografi | |
Penerbit | FISIP UI |
Pemilik | JKUNDFISIP |
Pembatasan Akses | |
Lokasi | MBRC |
Catatan Disertasi | |
Akses dan Lokasi Elektronik | Fisip UI |
Sumber Koleksi | |
Deskripsi Fisik | |
Catatan Bahasa | |
No. Panggil | 0005-2022/ETS-KOM Ame a |
Deskripsi Lengkap