Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0005-2022/ETS-KOM Ame a
Judul Apropriasi Pemain Pada Free-to-Play Game (Studi Kasus Pada Pemain Gacha Game)
Pengarang Amelia Yeza Pradhipta
Penerbit dan Distribusi 2022
Subjek gacha game, video game appropriation, interaksi para-sosial, identifikasi,
character attachment
Kata Kunci gacha game, video game appropriation, interaksi para-sosial, identifikasi, character attachment
Lokasi MBRC
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0005-2022/ETS-KOM Ame a 0005-2022/ETS-KOM Ame a TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78209
Sampul
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi apropriasi yang dilakukan pemain untuk menghindari aspek emosional dari model free-to-play gacha game. Mekanisme lotre gacha yang merupakan bentuk monetisasi utama dari gacha game memanfaatkan ikatan emosional pemain dengan karakter game untuk memaksimalkan keuntungan. Pemain gacha game yang telah terikat dengan karakter game akan terpancing untuk membeli kesempatan penggunaan lotre gacha secara berlebihan. Pada penelitian ini proses keterlibatan audiens dengan figur media dan konsep game appropriation digunakan untuk memahami lebih dalam mengenai motivasi serta bentuk apropriasi yang dilakukan oleh pemain gacha game. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dan pengumpulan data melalui wawancara daring. Berdasarkan jawaban dari sepuluh orang pemain gacha game, penelitian ini menemukan bahwa motivasi pemain mengapropriasi model free-to-play gacha game adalah adanya kekhawatiran ketidakmampuan untuk mengendalikan diri akibat keinginan untuk memiliki karakter game yang disukai. Oleh sebab itu, masing-masing pemain gacha game memiliki strategi untuk menekan pembelian yang impulsif dan frekuensi penggunaan gacha.