Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0008-2022/ETS-KOM Ari a
Judul Analisis MAD Model of Moral Contagion dalam Kampanye Buzzer Terkait Covid-19
Pengarang Ariandi Putra
Penerbit dan Distribusi 2022
Subjek Buzzer, MAD Model of Moral Contagion Theory, Social Media Monitoring Dashboard Mediawave, Twitter, Virus Covid-19
Kata Kunci Buzzer, MAD Model of Moral Contagion Theory, Social Media Monitoring Dashboard Mediawave, Twitter, Virus Covid-19
Lokasi MBRC
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0008-2022/ETS-KOM Ari a 0008-2022/ETS-KOM Ari a TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78212
Sampul
Abstrak
Tahun 2020, dunia dikejutkan dengan munculnya virus Covid-19. Efek domino di segala bidang dan merenggut banyak nyawa menjadi sebuah permasalahan serius dan penting untuk diantisipasi. Dari hasil analisa Social Media Monitoring Dashboard Mediawave, media sosial Twitter menjadi saluran yang digunakan dalam rangka memberikan pemahaman terhadap masyarakat oleh buzzer sebagai opinion leader. Dalam melakukan kampanye di Twitter, buzzer yang terlibat melakukan berbagai cara untuk menyampaikan pesan dan informasi agar postingan mendapatkan reach dan impression yang baik sehingga viral di Twitter. Penelitian inimenganalisis unsur apa saja yang ada dalam postingan buzzer sesuai dengan MAD Model of Moral Contagion Theory. Penelitian ini menggunakan metode analisis data small story research dengan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buzzer memenuhi unsur dalam aspek Motivation (Group Identity), Attention (Engagement), dan Design (amplification; share, like, dan comment) dalam melakukan orkestrasi dengan diksi yang dilihat dari penyebaran konten dan informasi melalui like, retweet, dan reply dari setiap postingan buzzer yang teridentifikasi dari analisa konten isi di Twitter sehingga menciptakan polarisasi percakapan dengan sentimen positif dan negatif.