Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat antarsesama mal atau dengan e-
commerce, para pelaku usaha sektor mal dituntut untuk dapat terus berpikir kreatif dan
berinovasi, salah satunya adalah dengan memperhatikan atribut mal dan juga citra dari
mal (corporate image) sebagai sebuah merek ritel (corporate brand) serta pengaruhnya
terhadap kepuasan pelanggan. Terdapat empat butir tujuan yang dalam penelitian ini,
yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh brand attribute terhadap corporate brand
image, pengaruh brand attribute terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh corporate
brand image terhadap kepuasan pelanggan, dan pengaruh brand attribute terhadap
kepuasan pelanggan melalui corporate brand image Mal Grand Indonesia. Survei
dilakukan terhadap 100 orang responden, lalu data diolah menggunakan analisis jalur.
Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara brand attribute
terhadap corporate brand image, antara brand attribute terhadap kepuasan pelanggan,
antara corporate brand image terhadap kepuasan pelanggan, serta antara brand attribute
terhadap kepuasan pelanggan melalui brand image mal. Dengan demikian, brand
attribute dan corporate brand image secara terpisah dan secara bersamaan memiliki
pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang mengunjungi mal.
Deskripsi Lengkap