Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0033-2022/ETS-KOM Puj s
Judul Strategi Pesan Persuasif Kampanye Vaksinasi Covid-19 Di Indonesia
Pengarang Puji Susanti
Penerbit dan Distribusi 2022
Subjek Strategi komunikasi, pesan persuasif, vaksinasi Covid-19
Kata Kunci Strategi komunikasi, pesan persuasif, vaksinasi Covid-19
Lokasi MBRC
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78237
Sampul
Abstrak
Di Indonesia, program vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk mengatasi Covid-19 yang menuntut adanya strategi persuasif. Penelitian ini akan melihat bagaimana strategi pesan persuasi vaksinasi Covid-19 di Indonesia dilihat dari lima komponen komunikasi persuasi McGuire pada media online kompas.com dan detik.com, sebagai dua portal berita online dengan akses tertinggi di Indonesia. Melalui mixed-methods, penelitian ini menemukan komponen komunikasi paling banyak disampaikan oleh sumber yang memiliki kredibilitas dan kekuasaan, berupa pesan yang mengandung seruan persuasif baik itu rasional maupun emosional secara berulang dan berargumen serta menawarkan keuntungan atau kerugian kepada penerima yang skeptis, berpengalaman, bahkan penerima yang berada di bawah tekanan, melalui saluran komunikasi termediasi komputer, dengan kurang menonjolkan tujuan pesan persuasif pada indikator faktor temporer dan efek memori.