Deskripsi Lengkap

PengarangRifqi Nadhmy Dhia
JudulSEGMEN STRATEGI PESAN DI BALIK PERIKLANAN DI MASA PANDEMI: Analisis Multimodal pada Iklan Rokok Gudang Garam Surya
Pembimbing/SupervisorDr. Donna Asteria, S.Sos., M.Hum
Bahasa UtamaInd
AbstrakDitengah masa krisis global, industri periklanan telah bergegas meninjau kembali strategi pesan mereka. Sebagian besar negara tidak hanya bertarung dengan COVID-19 tetapi juga dengan infodemik di berbagai media. Tesis ini menggali bagaimana segmen strategi pesan pada iklan rokok Gudang Garam "Surya" menggunakan konsep Strategi Pesan 6 Segmen milik Ronald E. Taylor. Penelitian ini adalah penelitian konstruktivis-kritis dengan desain kualitatif deskriptif-korelasional yang menggunakan metode analisis multimodal SF-MDA. Penelitian ini membuka wawasan bahwa melalui sumber semiotiknya, iklan "Surya" cenderung merepresentasikan tema besar seputar solidaritas dan maskulinitas lebih kepada untuk tujuan identifikasi merk. Penelitian ini membuktikan bahwa dimasa pandemi COVID-19, segmen strategi pesan yang digunakan iklan Surya bergeser memiliki sisi informasional. Terkait hal ini penelitian ini menyimpulkan bawa terdapat praktik komodifikasi terkait masa krisis kesehatan yang menguatkan pernyataan bahwa pengiklan semakin berani mengkomodifikasi momen krisis sebagai sebuah daya tarik.
Jenis Bahan
Kode Bahasa
No. Induk0036-2022/ETS-KOM Rif s
Catatan Umum
No. Barkod0036-2022/ETS-KOM Rif s
Kata KunciStrategi pesan, iklan rokok, COVID-19
Kota TerbitDepok
Tahun2022
SubjekStrategi pesan, iklan rokok, COVID-19
Tahun Buka Akses
Catatan Bibliografi
PenerbitFISIP UI
PemilikJKUNDFISIP
Pembatasan Akses
LokasiMBRC
Catatan Disertasi
Akses dan Lokasi ElektronikFisip UI
Sumber Koleksi
Deskripsi Fisik
Catatan Bahasa
No. Panggil0036-2022/ETS-KOM Rif s
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0036-2022/ETS-KOM Rif s 0036-2022/ETS-KOM Rif s TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78240
Sampul
Abstrak
Ditengah masa krisis global, industri periklanan telah bergegas meninjau kembali strategi pesan mereka. Sebagian besar negara tidak hanya bertarung dengan COVID-19 tetapi juga dengan infodemik di berbagai media. Tesis ini menggali bagaimana segmen strategi pesan pada iklan rokok Gudang Garam "Surya" menggunakan konsep Strategi Pesan 6 Segmen milik Ronald E. Taylor. Penelitian ini adalah penelitian konstruktivis-kritis dengan desain kualitatif deskriptif-korelasional yang menggunakan metode analisis multimodal SF-MDA. Penelitian ini membuka wawasan bahwa melalui sumber semiotiknya, iklan "Surya" cenderung merepresentasikan tema besar seputar solidaritas dan maskulinitas lebih kepada untuk tujuan identifikasi merk. Penelitian ini membuktikan bahwa dimasa pandemi COVID-19, segmen strategi pesan yang digunakan iklan Surya bergeser memiliki sisi informasional. Terkait hal ini penelitian ini menyimpulkan bawa terdapat praktik komodifikasi terkait masa krisis kesehatan yang menguatkan pernyataan bahwa pengiklan semakin berani mengkomodifikasi momen krisis sebagai sebuah daya tarik.