Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0036-2022/ETS-KOM Rif s
Judul SEGMEN STRATEGI PESAN DI BALIK PERIKLANAN DI MASA PANDEMI: Analisis Multimodal pada Iklan Rokok Gudang Garam Surya
Pengarang Rifqi Nadhmy Dhia
Penerbit dan Distribusi 2022
Subjek Strategi pesan, iklan rokok, COVID-19
Kata Kunci Strategi pesan, iklan rokok, COVID-19
Lokasi MBRC
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0036-2022/ETS-KOM Rif s 0036-2022/ETS-KOM Rif s TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78240
Sampul
Abstrak
Ditengah masa krisis global, industri periklanan telah bergegas meninjau kembali strategi pesan mereka. Sebagian besar negara tidak hanya bertarung dengan COVID-19 tetapi juga dengan infodemik di berbagai media. Tesis ini menggali bagaimana segmen strategi pesan pada iklan rokok Gudang Garam "Surya" menggunakan konsep Strategi Pesan 6 Segmen milik Ronald E. Taylor. Penelitian ini adalah penelitian konstruktivis-kritis dengan desain kualitatif deskriptif-korelasional yang menggunakan metode analisis multimodal SF-MDA. Penelitian ini membuka wawasan bahwa melalui sumber semiotiknya, iklan "Surya" cenderung merepresentasikan tema besar seputar solidaritas dan maskulinitas lebih kepada untuk tujuan identifikasi merk. Penelitian ini membuktikan bahwa dimasa pandemi COVID-19, segmen strategi pesan yang digunakan iklan Surya bergeser memiliki sisi informasional. Terkait hal ini penelitian ini menyimpulkan bawa terdapat praktik komodifikasi terkait masa krisis kesehatan yang menguatkan pernyataan bahwa pengiklan semakin berani mengkomodifikasi momen krisis sebagai sebuah daya tarik.