Ditengah masa krisis global, industri periklanan telah bergegas meninjau kembali
strategi pesan mereka. Sebagian besar negara tidak hanya bertarung dengan COVID-19 tetapi
juga dengan infodemik di berbagai media. Tesis ini menggali bagaimana segmen strategi pesan
pada iklan rokok Gudang Garam "Surya" menggunakan konsep Strategi Pesan 6 Segmen milik
Ronald E. Taylor. Penelitian ini adalah penelitian konstruktivis-kritis dengan desain kualitatif
deskriptif-korelasional yang menggunakan metode analisis multimodal SF-MDA. Penelitian
ini membuka wawasan bahwa melalui sumber semiotiknya, iklan "Surya" cenderung
merepresentasikan tema besar seputar solidaritas dan maskulinitas lebih kepada untuk tujuan
identifikasi merk. Penelitian ini membuktikan bahwa dimasa pandemi COVID-19, segmen
strategi pesan yang digunakan iklan Surya bergeser memiliki sisi informasional. Terkait hal ini
penelitian ini menyimpulkan bawa terdapat praktik komodifikasi terkait masa krisis kesehatan
yang menguatkan pernyataan bahwa pengiklan semakin berani mengkomodifikasi momen
krisis sebagai sebuah daya tarik.
Deskripsi Lengkap