Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0006-2007/ETS Kom Pan k
Judul KOMUNIKASI PERSUASIF MELALUI PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MENJAGA KEPERCAYAAN PENGGUNA JASA PADA PERUSAHAAN JASA INTELEKTUAL ( STUDI EKSPLORASI DAN PERBANDINGAN PADA BIRO ARSITEKTUR DAN PERUSAHAAN PERIKLANAN)
Pengarang PANDU SURYA BUDHIMAN
Penerbit dan Distribusi 2007
Subjek komunikasi persuasif, komunikasi pemasaran, perusahaan jasa
intelektual, menjaga kepercayaan.
Kata Kunci
Lokasi
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0006-2007/ETS Kom Pan k 0006-2007/ETS Kom Pan k TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78995
Sampul
Abstrak
Penelitian ini mengulas fenomena berkembangnya perusahaan jasa intelektual di Indonesia. Merujuk pada Berita Resmi Statistik No.24/IX/15 Mei 2006 1 PDB Indonesia pada triwulan I tahun 2006 meningkat sebesar 2,03 persen dibandingkan triwulan IV tahun 2005. Pertumbuhan ini terjadi pada beberapa sektor diantaranya adalah sektor pertanian; konstruksi; pengangkutan & komunikasi; keuangan, real estate, dan juga jasa perusahaan; dan sektor jasa￾jasa juga memberi kontribusi akan peningkatan ini. Seiring dengan berkembangnya sektor jasa maka terjadi persaingan antar perusahaan jasa khususnya perusahaan jasa intelektual. Perusahaan jasa intelektual adalah perusahaan jasa yang menyediakan jasa intelektual. Karena jasa intelektual merupakan produk jasa yang abstrak maka diperlukan strategi dan cara yang tepat untuk memasarkan dan membuat klien dan calon klien percaya terhadap jasa yang diberikan oleh perusahaa jasa tersebut. Biro arsitektur dan perusahaan periklanan merupakan perusahaan jasa yang menyediakan jasa intelektual. Kedua perusahaan jasa ini memiliki karakteristik yang sama dalam menghasilkan produk jasanya yaitu proses kreatif. Secara khusus penelitian ini ingin melihat bagaimana komunikasi persuasif diterapkan dalam komunikasi pemasaran pada perusahaan jasa intelektual tersebut. Secara garis besar tesis ini menggunakan teori komunikasi persuasi dari Gerrard E. Miller dan Kathleen K Reardon. Komunikasi persuasif banyak diterapkan oleh perusahaan jasa intelektual dalam berhubungan dengan klien iv atau konsumen. Komunikasi persuasif juga dikaitkan dengan teori komunikasi pemasaran dari Kotler. Dari hasil penelitian ini akan diketahui strategi dan karakteristik perusahaan jasa intelektual dalam penerapan komunikasi persuasif dilapangan. Penelitian ini juga akan mengumpas perbedaan karakteristik penyampaian pesan lewat komunikasi persuasif antara biro arsitek dan perusahaan periklanan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat praktis bagi perusahaan jasa intelektual dalam meramu cara-cara yang tepat dengan menggunakan komunikasi persuasif ke dalam komunikasi pemasaran agar dapat selalu menjaga kepercayaan klien atau konsumen. Dari sisi akademis, diharapkan akan memberikan referensi yang baik bagi penelitian selanjutnya yang mengambil topik sama, yaitu komunikasi persuasif.