Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0008-2007/ETS Kom Sal p
Judul Pengaruh Brand Awareness Terhadap Perilaku Memilih Perguruan Tinggi (Survey Brand Awareness STIKOM InterStudi)
Pengarang Salman
Penerbit dan Distribusi 2007
Subjek PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP
PERILAKU MEMILIH PERGURUAN TINGGI
(Survey Brand Awareness STIKOM InterStudi
Kata Kunci
Lokasi
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0008-2007/ETS Kom Sal p 0008-2007/ETS Kom Sal p TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79003
Sampul
Abstrak
Tesis ini merupakan penelitian yang mencoba melihat bagaimana Pola Hubungan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku memilih perguruan tinggi dengan mengambil kasus pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi. Brand Awareness dari perguruan tinggi memegang peranan yang penting dalam sebuah proses keputusan memilih perguruan tinggi yang akan dimasuki. Penelitian dilakukan terhadap 3.500 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi yang dipilih melalui teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Dari simple random sampling didapat 346 responden yang akan diteliti. Data yang didapat dari sejumlah responden tersebut kemudian diproses dengan menggunakan teknik statistik multivariat yaitu analisis regresi baik linear maupun multiple regresi. Hasil pengujian statistik kemudian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara variabel Brand Awareness, Persepsi dan Motivasi terhadap variabel Perilaku Memilih Perguruan Tinggi. Berdasarkan hasil pengujian statistik dengan menggunakan path analisis kemudian dapat juga terlihat, bahwa variabel Motivasi merupakan variabel yang paling kuat dalam menentukan perilaku memilih perguruan tinggi, dengan nilai koefisien Beta nya cukup kuat. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ketiga variabel di atas memiliki hubungan yang signifikan, model hubungan yang terbentuk pada model cukup baik untuk memprediksi variabel Perilaku Memilih Perguruan Tinggi dengan angka-angka pengukuran sudah signifikan. Secara teoritis penelitian ini membuktikan bahwa brand awareness memiliki pengaruh terhadap perilaku memilih perguruan tinggi. Keputusan memilih perguruan tinggi bahwa keputusan bersifat high involvement (menentukan pilihan terhadap perguruan tinggi), cenderung berangkat dari persepsi dan motivasi. Berdasarkan dari hasil tersebut, maka perguruan tinggi ii dapat melakukan strategi komunikasi pemasaran yang lebih konkret dan lebih terfokus, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga brand awareness tambah kuat di benak konsumen dalam hal ini calon mahasiswa