Pada bulan Agustus hingga Mei 2022, saya mengikuti program magang menjadi UX Reseach
di PT Vidio Dot Com atau biasa dikenal dengan Vidio, perusahaan yang bergerak pada bidang
OTT Streaming. UX Research di Vidio memiliki berbagai macam metode pengumpulan data
salah satunya studi etnografi. Dalam satu kesempatan, saya dapat menggunakan studi etnografi
pada salah satu proyek mandiri. Namun, pada proyek mandiri ini studi etnografi saya lakukan
secara daring karena mengingat situasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Proyek
mandiri tersebut mengusung topik kebiasaan menonton, media sosial, dan pola berlangganan
dengan subjeknya adalah pengguna Instagram. Metode pengumpulan data yang digunakan
pada proyek mandiri adalah observasi melalui Instagram dan wawancara mendalam melalui
Google Meet. Selama melakukan hingga selesai proyek mandiri timbul pertanyaan apa istilah
etnografi secara daring yang paling sesuai dari pengalaman proyek mandiri yang saya lakukan.
Ternyata, istilah yang paling mendekati adalah netnografi karena topik dan pengumpulan data
proyek mandiri sesuai dengan definisi netnografi, yaitu studi tentang online community dan
budaya online yang dimediasi oleh komputer atau ruang online. Dengan demikian, netnografi
memungkinkan untuk dilakukan sebagai metode pengumpulan data oleh UX Researcher,
namun pada pengalaman saya masih ada aspek teknologi dan beban kerja yang menjadi limitasi
saat melakukan netnografi.
Deskripsi Lengkap