Peningkatan pengguna Tiktok dan semakin berkembangnya fitur Tiktok membuat
banyak bisnis yang mengembangkan strategi branding melalui platform Tiktok.
Key Opinion Leader Tiktok spesialis (KOL Tiktok spesialis) menjadi profesi yang
membantu perusahaan dalam merencanakan ide brief KOL, memilih KOL dan
mengatur berjalannya kerjasama antara perusahaan dengan KOL. Makalah ini
membahas pengalaman dan pembelajaran saya dengan latar belakang antropologi
yang menjalani magang selama tiga bulan di bidang marketing sebagai Key Opinion
Leader Tiktok spesialis (KOL Tiktok spesialis) di NPURE. Pembahasan akan
berfokus pada upaya saya dalam mengimplementasikan gagasan antropologis dari
konsep brand yang dikemukakan oleh Nakasiss. Upaya implementasi konsep brand
tersebut menghasilkan terobosan baru berupa metode penulisan brief dengan urutan
alur pembahasan serta peningkatan kriteria pemilihan KOL selain dari kriteria dasar
yang NPURE tetapkan. Gambaran refleksi implementasi ini pada akhirnya
menunjukan adanya interseksi antara antropologi dan marketing dalam setiap
aktivitas magang saya sebagai KOL Tiktok spesialis di NPURE.
Deskripsi Lengkap