Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0011- 2007/ETS Kom Ron s
Judul STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO SIARAN SWASTA (SUATU STUDI PADA RADIO TRAX 101.4 FM JAKARTA)
Pengarang RONA FARIZKA
Penerbit dan Distribusi 2007
Subjek STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO SIARAN SWASTA
(SUATU STUDI PADA RADIO TRAX 101.4 FM JAKARTA)
Kata Kunci
Lokasi
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0011- 2007/ETS Kom Ron s 0011- 2007/ETS Kom Ron s TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79044
Sampul
Abstrak
Dengan pesatnya kemajuan industri media massa di Indonesia, tingginya pertumbuhan stasiun radio anak muda pun mengakibatkan ketatnya persaingan di antara stasiun radio baru maupun lama. Hal ini tampak kepada makin diperebutkannya pendengar yang merupakan sumber pemasukan yang sangat berarti bagi media massa. Sebuah stasiun radio anak muda haruslah secara jeli menentukan target pendengarnya dan yang terpenting adalah menentukan program yang berkualitas dan unik untuk menjaring dan memenuhi kebutuhan pendengarnya. Program yang baik jika tidak dikomunikasikan dengan baik, maka program tersebut tidak akan dapat menjangkau pendengarnya. Oleh sebab itu masing-masing stasiun radio khususnya radio anak muda harus dengan hati-hati mempersiapkan sebuah strategi komunikasi pemasaran. Tesis ini akan membahas bagaimana memadukan berbagai elemen bauran komunikasi pemasaran (marketing communication mix) ataupun bauran promosi (promotional mix), untuk merancang isi pesan secara konsisten dan saling terpaut serta ada keterkaitan antara beberapa media komunikasi pemasaran yang digunakan. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimanakah strategi komunikasi pemasaran radio Trax 101.4 FM Jakarta. Kajian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus. Unit analisis dalam penelitian ini adalah radio Trax 101.4 FM Jakarta. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif untuk melihat pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran melalui bauran promosinya (promotional mix) yang merupakan bagian dari marketing mix yang dikembangkan oleh Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management : Analysis, Planning, Implementation, and Control. Dengan melihat keadaan persaingan radio anak muda yang ada di Indonesia saat ini dan pertumbuhan yang demikian pesat, penelitian ini akan difokuskan untuk mendapatkan gambaran usaha-usaha komunikasi pemasaran apa saja yang dilakukan oleh radio Trax 101.4 FM Jakarta melalui bauran pemasarannya dan bauran promosinya untuk mengantisipasi keadaan pasar ini dan adakah dampaknya terhadap performance radio Trax 101.4 FM Jakarta. Radio Trax 101.4 FM Jakarta telah melakukan marketing mix dan promotional mix serta analisis STP dalam melakukan strategi komunikasi pemasarannya, untuk mencapai tujuan perusahaan, di tengah persaingan radio swasta anak muda di Jakarta.