Dengan pesatnya kemajuan industri media massa di Indonesia, tingginya
pertumbuhan stasiun radio anak muda pun mengakibatkan ketatnya persaingan di
antara stasiun radio baru maupun lama. Hal ini tampak kepada makin diperebutkannya
pendengar yang merupakan sumber pemasukan yang sangat berarti bagi media massa.
Sebuah stasiun radio anak muda haruslah secara jeli menentukan target pendengarnya
dan yang terpenting adalah menentukan program yang berkualitas dan unik untuk
menjaring dan memenuhi kebutuhan pendengarnya. Program yang baik jika tidak
dikomunikasikan dengan baik, maka program tersebut tidak akan dapat menjangkau
pendengarnya. Oleh sebab itu masing-masing stasiun radio khususnya radio anak muda
harus dengan hati-hati mempersiapkan sebuah strategi komunikasi pemasaran.
Tesis ini akan membahas bagaimana memadukan berbagai elemen bauran
komunikasi pemasaran (marketing communication mix) ataupun bauran promosi
(promotional mix), untuk merancang isi pesan secara konsisten dan saling terpaut serta
ada keterkaitan antara beberapa media komunikasi pemasaran yang digunakan.
Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimanakah strategi komunikasi pemasaran
radio Trax 101.4 FM Jakarta.
Kajian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode
penelitian studi kasus. Unit analisis dalam penelitian ini adalah radio Trax 101.4 FM
Jakarta. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif
untuk melihat pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran melalui bauran promosinya
(promotional mix) yang merupakan bagian dari marketing mix yang dikembangkan oleh
Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management : Analysis, Planning,
Implementation, and Control.
Dengan melihat keadaan persaingan radio anak muda yang ada di Indonesia
saat ini dan pertumbuhan yang demikian pesat, penelitian ini akan difokuskan untuk
mendapatkan gambaran usaha-usaha komunikasi pemasaran apa saja yang dilakukan
oleh radio Trax 101.4 FM Jakarta melalui bauran pemasarannya dan bauran promosinya
untuk mengantisipasi keadaan pasar ini dan adakah dampaknya terhadap performance
radio Trax 101.4 FM Jakarta.
Radio Trax 101.4 FM Jakarta telah melakukan marketing mix dan promotional
mix serta analisis STP dalam melakukan strategi komunikasi pemasarannya, untuk
mencapai tujuan perusahaan, di tengah persaingan radio swasta anak muda di Jakarta.
Deskripsi Lengkap