Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : 0018-2023/ESK-KES Ard d
Judul : Dukungan Sosial Peer Group dalam Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau (Studi Deskriptif pada Penyesuaian Diri Tahun Pertama Mahasiswa Perantau Angkatan 2018 Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia)
Pengarang : Ardhita Ayu Pramesti
Strata :
Pembimbing : Dra. Dwi Amalia Chandra Sekar, M. Si.
Fakultas :
Tahun : 2023
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0018-2023/ESK-KES Ard d 0018-2023/ESK-KES TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79065
Sampul
Abstrak
Skripsi ini membahas tentang permasalahan penyesuaian diri dan dukungan sosial teman sebaya pada mahasiswa perantau yang dibahas dari disiplin ilmu Kesejahteraan Sosial. Penyesuaian diri mahasiswa perantau pada program studi strata 1 Ilmu Hubungan Internasional, merasa kesulitan dikarenakan terbentuk kubu-kubu tertentu di dalam lingkar pertemanan. Adanya kesulitan tersebut melatarbelakangi penelitian ini untuk memahami penyesuaian diri dan menelusuri peran teman sebaya dalam memberikan dukungan sosial bagi mahasiswa perantau karena proses penyesuaian diri mahasiswa perantau berbeda sesuai dengan karakteristik, kebiasaan, dan budaya yang dimiliki oleh masing-masing individu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan pada bulan September hingga November 2022 melalui teknik wawancara mendalam kepada enam orang informan yang diperoleh menggunakan metode snowball sampling. Informan utama pada penelitian merupakan tiga mahasiswa perantau dari program studi Ilmu Hubungan Internasional angkatan 2018 dan tiga teman sebaya mahasiswa perantau. Hasil temuan penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa perantau menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan saat menjalani masa perkuliahan di daerah perantauan seperti sosial pertemanan, finansial, perbedaan gaya hidup dan bahasa, perasaan insecure dan tidak percaya diri. Dengan adanya permasalahan dan tantangan tersebut, teman sebaya berperan penting dalam membantu penyesuaian diri mahasiswa perantau melalui pemberian dukungan sosial yaitu dukungan emosional seperti memberikan kata-kata penguatan dan penyemangat, dukungan penghargaan dalam bentuk pujian dan kekaguman pada kemampuan atau pribadi mahasiswa perantau, dukungan instrumental/materiil melalui pemberian benda atau melakukan tindakan bantuan langsung yang dibutuhkan mahasiswa perantau, dan dukungan informasi yaitu menyediakan masukan, solusi, atau saran atas permasalahan mahasiswa perantau. Kesimpulan penelitian ini adalah penyesuaian diri mahasiswa perantau terbantu dengan adanya dukungan sosial teman sebaya sehingga fungsi sosial mahasiswa perantau berjalan dengan maksimal. Kajian ini dapat menjadi sumber informasi untuk kepentingan akademis mengenai perspektif Kesejahteraan Sosial dalam topik dukungan sosial teman sebaya yang terdapat dalam mata kuliah Pengantar Psikologi.