Pertumbuhan pesat dari teknologi komunikasi yang bernama
internet memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap bentuk-bentuk
interaksi antar manusia dengan sesamanya. Seorang pengguna internat
dapat saling bertukar teks, gambar dan bahkan grafik animasi termasuk
suara tanpa lagi terbatas oleh ruang dan waktu. Fenomena ini juga
mendorong terlahirnya bentuk komunitas jenis baru yang tidak lagi
terkurung oleh syarat fisik. Salah satu bentuk komunitas yang lazim
disebut komunitas dunia maya itu adalah komunitas permainan virtual.
(online gaming community).
Setiap harinya, jutaan pemain memainkan suatu genre dari video
games yang disebut multiplayer online role-playing games (MMORPG).
Permainan ini membolehkan para penggunanya untuk berinteraksi satu
sama lain dan berpetualan dalam dunia tiga dimensi bergambar. Setiap
pemain direpresentasikan oleh karakter yang bisa dikustomisasi dan
komunikasi antar pemain biasanya terjadi melalui percakapan teks dan
suara dengan menggunakan teknologi VOIP.
Penelitian etnografi virtual ini mencoba menguak beberapa aspek
dari komunikasi bermediasikan computer (CMC) antara para pemain dari
permainan MMORPG terlaris di dunia yaitu World of Warcraft yang
vii
memiliki pelanggan sebanyak delapan juta orang dari seluruh dunua. Hasil
pengamatan menunjukkan beberapa temuan yang menarik tentang
kehidupan di dunia virtual dan menguak kegiatan, motivasi serta persepsi
dari para pemainnya. Kesimpulan dari penelitian juga membahas tentang
implikasi dari temuan penelitian terhadap kajian ilmu komunikasi tentang
CMC di Indonesia.
Deskripsi Lengkap