Korean Wave atau Hallyu telah memasuki era 2.0 di mana fans global dari seluruh penjuru dunia dapat
menikmati budaya populer Korea melalui pengalaman transmedia di media sosial. Fenomena ini
kemudian mendorong meningkatnya penggunaan konsep transmedia dalam strategi branding grup K-pop
sebagai aktor budaya dalam Hallyu 2.0, salah satunya adalah penerapan transmedia branding.
Menggunakan metode analisis konten, penelitian ini menganalisis bagaimana AESPA membangun brand
persona melalui implementasi transmedia branding pada strategi branding mereka sebagai girl group K-
pop representatif di era Hallyu 2.0. Penelitian ini menemukan bahwa AESPA menerapkan konsep
transmedia branding dengan menggunakan tiga elemen desain, yaitu: narasi, partisipasi, dan brand.
Penerapan elemen desain ini diperkuat dengan penciptaan worldview yang secara eksklusif mewadahi
narasi AESPA serta inkorporasi teknologi mutakhir yang mendorong perluasan penyampaian pesan brand
secara berkelanjutan ke cakupan audiens baik di ruang virtual dan juga dunia nyata. Melalui citra,
identitas, nilai, dan keunggulan dari brand AESPA yang terdefinisi melalui penerapan ketiga elemen
transmedia branding tersebut, AESPA dapat memperkuat brand persona-nya sebagai ?Metaverse girl
group? yang membuat nilai kompetitif AESPA di lanskap industri K-pop menjadi lebih tinggi.
Deskripsi Lengkap