Sepak bola merupakan sebuah olahraga yang populer di kalangan masyarakat, saat ini sepakbola bukan hanya
sekedar olahraga. Sepak bola telah menjadi sebuah industri dan budaya populer yang menguntungkan bagi pemilik
klub. Manchester United sebagai salah satu klub dengan jumlah penggemar terbanyak adalah salah satu harus
dapat menjalin hubungan yang baik dengan penggemarnya, Manchunian. Salah satu strategi yang mereka gunakan
adalah dengan menggunakan sosial media Twitter. Terdapat berbagai strategi branding yang dilakukan oleh
Manchester United di Twitter terutama menyangkut hasil pertandingan Manchester United, baik menang ataupun
kalah. Hal ini berhubungan juga dengan sport communication yang digunakan oleh tim sebagai salah satu fungsi
utama manajemen olahraga. Berbagai strategi komunikasi yang dilakukan oleh Manchester United di Twitter
tentunya akan menimbulkan berbagai reaksi. Tujuan dari makalah ini adalah untuk melihat bagaimana tonalitas
yang muncul dari unggahan-unggahan Twitter Manchester United. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian kualitatif dengan desk research sebagai teknik pengumpulan datanya. Penemuan yang didapatkan
adalah ragam tonalitas respon produk konten olahraga dipengaruhi oleh kemenangan atau kekalahan tim.
Deskripsi Lengkap