Deskripsi Lengkap

PengarangMelati Putri Dairly
JudulPeran Sosial Media dalam Fenomena K-Beauty di Komunitas Kecantikan Indonesia
Pembimbing/SupervisorNadia Marita Andayani, S.Sos., M.A.
Bahasa UtamaInd
AbstrakMedia berperan penting dalam terciptanya sebuah fenomena di masyarakat, salah satunya adalah fenomena K- Beauty. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran media dalam penyebaran fenomena K-Beauty di komunitas kecantikan di Indonesia. Data yang digunakan adalah data primer yang diambil dari penemuan- penemuan secara kebetulan pada media sosial dan data sekunder melalui studi literatur, yang kemudian dianalisis menggunakan dua teori yaitu teori ekologi media dan teori manajemen makna terkoordinasi yang dibantu oleh beberapa konsep. Hasil penelitian ini menemukan bahwa bahwa media sosial berperan dalam menanamkan tindakan, memperbaiki persepsi, mengatur pengalaman, dan menghubungkan dunia melalui berbagai konten tentang Korean Wave yang akhirnya membentuk persepsi bagi komunitas kecantikan Indonesia untuk menerima masuknya K-Beauty ke Indonesia.
Jenis BahanSkripsi
Kode BahasaInd
Catatan Umum
No. Induk0011-2023/ESK-KOM
No. Barkod0011-2023/ESK-KOM
Kata KunciK-Beauty, Hallyu, Korean Wave, Social Media, Beauty Community
Kota TerbitDepok
Tahun
SubjekK-Beauty, Hallyu, Korean Wave, Media Sosial, Komunitas Kecantikan
Tahun Buka Akses
Catatan Bibliografi
Penerbit
PemilikJKUNINDFISIPUI
Pembatasan Akses
LokasiFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Catatan Disertasi
Akses dan Lokasi ElektronikMiriam Budiardjo Resource Center
Sumber KoleksiMahasiswa
Deskripsi Fisik
Catatan Bahasa
No. Panggil0011-2023/ESK-KOM Mel p
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0011-2023/ESK-KOM Mel p 0011-2023/ESK-KOM TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79103
Sampul
Abstrak
Media berperan penting dalam terciptanya sebuah fenomena di masyarakat, salah satunya adalah fenomena K- Beauty. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran media dalam penyebaran fenomena K-Beauty di komunitas kecantikan di Indonesia. Data yang digunakan adalah data primer yang diambil dari penemuan- penemuan secara kebetulan pada media sosial dan data sekunder melalui studi literatur, yang kemudian dianalisis menggunakan dua teori yaitu teori ekologi media dan teori manajemen makna terkoordinasi yang dibantu oleh beberapa konsep. Hasil penelitian ini menemukan bahwa bahwa media sosial berperan dalam menanamkan tindakan, memperbaiki persepsi, mengatur pengalaman, dan menghubungkan dunia melalui berbagai konten tentang Korean Wave yang akhirnya membentuk persepsi bagi komunitas kecantikan Indonesia untuk menerima masuknya K-Beauty ke Indonesia.