Periklanan digital yang menggunakan media sosial belakangan ini sedang mengalami pertumbuhan yang pesat. Iklan
digital di Instagram sering kali menggunakan influencer sebagai salah satu metode untuk menargetkan target khalayak.
Jenis terbaru dari influencer yang baru muncul adalah influencer non manusia. Ayudia Larasati, salah satu tokoh
Webtoon Indonesia yang menjadi tokoh utama di Webtoon Lara(s)hati dan Zona Maya, menjadi infuencer non
manusia terbaru yang melakukan kolaborasi dengan merek dan influencer manusia lain dalam cakupan periklanan
digital. Jurnal ini menganalisis peran Laras sebagai influencer non manusia dalam ranah periklanan digital di
Instagram. Laras, yang merupakan pengguna Instagram yang berwujud non manusia, memenuhi beberapa
karakteristik dari influencer, yakni memiliki sentralitas jaringan, attractiveness, dan trustworthiness. Ekspansi tokoh
Laras dari medium Webtoon ke medium Instagram dianalisis menggunakan analisis multimodalitas, dan terlihat
bahwa terdapat konsistensi karakter dalam moda yang berbeda sehingga tercipta adanya konsistensi makna.
Deskripsi Lengkap