Industri kosmetik lokal di Indonesia yang berkembang pesat membuat suatu merek memerlukan keunikan
tersendiri agar dapat bersaing dengan para kompetitornya. Keunikan tersebut dapat dibuat melalui strategi
branding untuk membangun brand image yang kuat di benak konsumen. Mad for Makeup merupakan salah satu
merek yang memiliki keunikan tersendiri dalam membangun brand image, yaitu dengan mengimplementasikan
branding co-creating yang berdasar pada kolaborasi konsumen bersama merek. Melalui strategi branding ini,
Mad for Makeup tidak hanya memperhatikan aspek fungsional, namun juga aspek emosional dalam membangun
brand image. Makalah ini disusun untuk menganalisis penerapan strategi branding co-creating oleh Mad for
Makeup dalam pembentukan brand image. Teori dan konsep yang digunakan dalam makalah ini meliputi
branding, self-concept connection dan brand image. Metode pengumpulan data makalah ini adalah menggunakan
data sekunder yang bersumber dari studi literatur, penelitian terdahulu, analisis media komunikasi resmi brand
serta didukung oleh wawancara. Hasil analisis mengungkapkan bahwa strategi branding co-creating berpotensi
tinggi digunakan untuk membangun brand image yang kuat sekaligus membangun hubungan emosional brand
dengan konsumen.
Deskripsi Lengkap