Jurnal ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana transmedia storytelling dapat diimplementasikan dalam sebuah
game online dan bagaimana konsep tersebut dapat mendorong terbentuknya online community dan earned media
melalui user-generated content. Studi dilakukan pada game online VALORANT yang merupakan game penembak
kompetitif, tetapi tetap memiliki perkembangan cerita yang kompleks. Literature based research digunakan untuk
mencari bukti pada kasus, dan menguji validitas konsep ataupun teori tertentu, ditambah lagi karena pendekatan
ini bersifat sempit dan dapat berfokus pada hubungan antara dua variabel tertentu. Transmedia storytelling pada
VALORANT memiliki banyak keuntungan, terutama saat VALORANT dikategorikan sebagai game online.
Ditemukan bahwa, transmedia storytelling di dalam VALORANT dapat mendorong terbentuknya online
community yang tidak hanya berfokus pada permainannya tetapi juga berfokus pada cerita VALORANT. Hal
tersebut direalisasikan melalui terbentuknya komunitas Discord yang terdedikasi pada cerita VALORANT saja.
Terbentuknya online community juga mendorong terbentuknya user-generated content yang pada akhirnya
mendorong terciptanya berbagai konten cerita dari semesta cerita VALORANT. Oleh karena itu, transmedia
storytelling dapat membantu game online tidak hanya membuat para pemainnya tertarik pada permainannya tetapi
juga pada semesta cerita yang tercipta.
Deskripsi Lengkap