Pesatnya perkembangan industri membuat persaingan antar-brand semakin ketat. Pasar yang penuh kompetisi
memberikan begitu banyak pilihan bagi konsumen. Konsumen pun dapat dengan mudah menggonta-ganti brand
sesuai dengan mana yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya dengan lebih baik. Agar semakin menonjol
dan terus dipilih, brand perlu memiliki brand image dengan membentuk asosiasi brand yang lebih kuat, disukai, dan
unik. Lebih dari itu, brand image pun diperlukan untuk membangun brand loyalty yang penting bagi brand dalam
jangka panjang. Untuk itu, brand perlu melakukan strategi komunikasi pemasaran. Brand pakaian Uniqlo
melakukan komunikasi pemasaran dengan menerapkan strategi cause-related marketing melalui programnya,
Uniqlo UT Peace For All. Makalah ini disusun dengan metode riset sekunder untuk menganalisis bagaimana
dampak strategi cause-related marketing Uniqlo UT Peace For All terhadap brand image dalam membangun brand
loyalty. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi cause-related marketing telah diterapkan dengan baik sehingga
berdampak positif bagi brand image dalam membangun brand loyalty. Namun, terdapat catatan untuk lebih
memerhatikan dimensi cause-related marketing dan bagaimana cara mengomunikasikannya dengan lebih efektif,
serta rekomendasi untuk tidak melakukan cause-related marketing sebagai taktik jangka pendek untuk mendorong
penjualan.
Deskripsi Lengkap