Praktik sustainability sedang menjadi fokus para brand kecantikan, The Body Shop adalah brand kosmetik yang
berkomitmen untuk melindungi lingkungan dan memperjuangkan isu sosial. Saat ini brand tersebut memiliki
kebutuhan untuk memperkuat image sebagai sustainable beauty brand. Maka dari itu, The Body Shop Indonesia
menyorot program corporate social responsibility dalam bidang lingkungan melalui konten Instagram. Salah satu
program lingkungan yang dipublikasikan adalah Bring Back Our Bottle. Publikasi program tersebut dijadikan
cara untuk membangun hubungan dengan pelanggan sehingga The Body Shop Indonesia membutuhkan
pendekatan pemasaran yang mendukung. Tujuan penulisan ini adalah mendeskripsikan cara pemasaran The Body
Shop Indonesia di Instagram dengan menggunakan relationship marketing. Melalui metode studi literatur dan
observasi konten Instagram, tampak bahwa The Body Shop Indonesia telah menerapkan relationship marketing
dengan pendekatan sosial. Pada akun Instagram, tampak bahwa The Body Shop Indonesia terus melibatkan
pelanggan pada program corporate social responsibility melalui pengemasan pesan. Penggunaan influencer yang
dipercaya publik juga dilakukan. The Body Shop Indonesia memakai Instagram untuk membentuk rasa kedekatan
komunitas dan membangun nilai bersama. Penerapan relationship marketing utama terlihat dari penciptaan
purpose-driven relationship, di mana brand mencoba untuk mengikat sisi emosional dari pelanggan dengan
menitikberatkan pesan bahwa pelanggan tidak hanya berperan sebagai konsumen melainkan memiliki kekuatan
untuk berkontribusi pada isu lingkungan yang bernilai sosial tinggi.
Deskripsi Lengkap