Deskripsi Lengkap

PengarangLutmila Atana Faza
JudulAnalisis Transmedia Storytelling pada Comeback Girl Band Korea Girls Generation
Pembimbing/SupervisorNissa Cita Adinia, S.Sos., MCommun.
Bahasa UtamaInd
AbstrakGirls Generation yang merupakan grup K-pop generasi kedua kembali muncul pada era grup K-pop generasi ke- empat saat ini. Dalam mengkomunikasikan kembalinya Girls Generation saat ini perlu menggunakan strategi yang sesuai dengan yang dilakukan oleh grup K-pop generasi ke-empat yaitu memaksimalkan penggunaan berbagai media. Dalam tulisan ini, penulis ingin mendeskripsikan penggunaan transmedia storytelling yang tampak dalam comeback-nya Girls Generation. Penelitian ini bertujuan untuk melihat media yang digunakan, jenis konten pada media tersebut, dan bagaimana Girls Generation menggunakan khalayaknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui desk research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan transmedia storytelling tampak dalam comeback-nya Girls Generation, namun narasi transmedianya belum dapat mendorong khalayak membuat bentuk transmedia baru.
Jenis BahanSkripsi
Kode BahasaInd
Catatan Umum
No. Induk0035-2023/ESK-KOM
No. Barkod0035-2023/ESK-KOM
Kata Kuncitransmedia storytelling, K-pop, audience engagement
Kota TerbitDepok
Tahun
Subjektransmedia storytelling, Korean pop (K-pop), keterlibatan khalayak
Tahun Buka Akses
Catatan Bibliografi
Penerbit
PemilikJKUNINDFISIPUI
Pembatasan Akses
LokasiFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Catatan Disertasi
Akses dan Lokasi ElektronikMiriam Budiardjo Resource Center
Sumber KoleksiMahasiswa
Deskripsi Fisik
Catatan Bahasa
No. Panggil0035-2023/ESK-KOM Lut a
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0035-2023/ESK-KOM Lut a 0035-2023/ESK-KOM TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79129
Sampul
Abstrak
Girls Generation yang merupakan grup K-pop generasi kedua kembali muncul pada era grup K-pop generasi ke- empat saat ini. Dalam mengkomunikasikan kembalinya Girls Generation saat ini perlu menggunakan strategi yang sesuai dengan yang dilakukan oleh grup K-pop generasi ke-empat yaitu memaksimalkan penggunaan berbagai media. Dalam tulisan ini, penulis ingin mendeskripsikan penggunaan transmedia storytelling yang tampak dalam comeback-nya Girls Generation. Penelitian ini bertujuan untuk melihat media yang digunakan, jenis konten pada media tersebut, dan bagaimana Girls Generation menggunakan khalayaknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui desk research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan transmedia storytelling tampak dalam comeback-nya Girls Generation, namun narasi transmedianya belum dapat mendorong khalayak membuat bentuk transmedia baru.