Pengarang | Lutmila Atana Faza |
Judul | Analisis Transmedia Storytelling pada Comeback Girl Band Korea Girls Generation |
Pembimbing/Supervisor | Nissa Cita Adinia, S.Sos., MCommun. |
Bahasa Utama | Ind |
Abstrak | Girls Generation yang merupakan grup K-pop generasi kedua kembali muncul pada era grup K-pop generasi ke-
empat saat ini. Dalam mengkomunikasikan kembalinya Girls Generation saat ini perlu menggunakan strategi
yang sesuai dengan yang dilakukan oleh grup K-pop generasi ke-empat yaitu memaksimalkan penggunaan
berbagai media. Dalam tulisan ini, penulis ingin mendeskripsikan penggunaan transmedia storytelling yang
tampak dalam comeback-nya Girls Generation. Penelitian ini bertujuan untuk melihat media yang digunakan,
jenis konten pada media tersebut, dan bagaimana Girls Generation menggunakan khalayaknya. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui desk research. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pendekatan transmedia storytelling tampak dalam comeback-nya Girls Generation, namun narasi
transmedianya belum dapat mendorong khalayak membuat bentuk transmedia baru. |
Jenis Bahan | Skripsi |
Kode Bahasa | Ind |
Catatan Umum | |
No. Induk | 0035-2023/ESK-KOM |
No. Barkod | 0035-2023/ESK-KOM |
Kata Kunci | transmedia storytelling, K-pop, audience engagement |
Kota Terbit | Depok |
Tahun | |
Subjek | transmedia storytelling, Korean pop (K-pop), keterlibatan khalayak |
Tahun Buka Akses | |
Catatan Bibliografi | |
Penerbit | |
Pemilik | JKUNINDFISIPUI |
Pembatasan Akses | |
Lokasi | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Catatan Disertasi | |
Akses dan Lokasi Elektronik | Miriam Budiardjo Resource Center |
Sumber Koleksi | Mahasiswa |
Deskripsi Fisik | |
Catatan Bahasa | |
No. Panggil | 0035-2023/ESK-KOM Lut a |
Deskripsi Lengkap