Pariwisata merupakan sektor yang berperan penting dalam pembentukkan citra dan reputasi Korea Selatan. Namun
pandemi Covid-19 menimbulkan dampak yang cukup signifikan pada sektor pariwisata Korea Selatan. Untuk
mengatasi hal tersebut, pada tahun 2020, Pemerintah Korea Selatan bersama Korea Tourism Organization (KTO)
mulai menggencarkan strategi nation branding daring yang mengedepankan sektor pariwisata. Salah satu caranya
adalah melalui video musik Feel the Rhythm of Korea yang ditayangkan di YouTube. Penelitian ini ingin
menganalisis pelaksanaan strategi branding negara Korea Selatan melalui seri video musik Feel the Rhythm of
Korea (Season 1 dan 2, serta ITZY version) sebagai bagian dari brand pariwisata untuk meningkatkan sektor
pariwisata Korea Selatan setelah pandemi Covid-19. Metode pada penulisan ini adalah analisis isi menggunakan
analisis Semiotika Barthes berdasarkan empat elemen dari konsep nation branding serta konsep place branding:
tourism branding. Hasil temuan dan analisis menunjukkan bahwa keempat elemen utama nation branding serta
konsep place branding: tourism branding berhasil teridentifikasi dan terimplementasi dalam sepuluh video musik
Feel the Rhythm of Korea yang dipilih. Oleh karena itu, strategi nation branding Korea Selatan melalui seri video
musik Feel the Rhythm of Korea (Season 1 dan 2, serta ITZY version) sebagai bagian dari brand pariwisata Imagine
Your Korea telah dilaksanakan dengan cukup baik.
Deskripsi Lengkap