Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : 0040-2023/ESK-KOM Ric s
Judul : Sensory Marketing dalam Kajian Literatur Ringkas (Contoh Implementasi pada Brand Parfum Le Labo)
Pengarang : Richie Nakata
Strata :
Pembimbing : Nissa Cita Adinia, S.Sos., MCommun.
Fakultas :
Tahun :
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0040-2023/ESK-KOM Ric s 0040-2023/ESK-KOM TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79136
Sampul
Abstrak
Sensory marketing merupakan pemasaran yang melibatkan indra-indra dalam rangka mempengaruhi persepsi, kognisi, perilaku, serta pengambilan keputusan konsumen. Melalui kajian literatur, studi ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman akan sensory marketing serta bagaimana sensory marketing dapat diimplementasikan melalui contoh kesuksesan brand parfum Le Labo. Temuan dalam makalah ini menunjukkan bahwa perhatian akan implementasi sensory marketing baik dalam ranah penelitian maupun praktik semakin signifikan dan terus berkembang. Sensory marketing membawa brand dari pemasaran 2D (audio dan visual) yang bersifat tradisional menuju 5D (melibatkan kelima indra) sebagai pendekatan dengan nilai unggul yang dapat membantu brand untuk berkembang di tengah tantangan dari pasar dan lanskap retail yang semakin tersaturasi dan kompetitif. Meskipun e-commerce dan Internet semakin mendominasi, terdapat dimensi-dimensi sensoris yang tidak dapat dijangkau secara online. Maka dari itu, sensory marketing menjadi relevan untuk dipraktikkan. Melalui integrasi antara atribut-atribut dari penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba, dan perasa, brand dapat membentuk image serta value untuk membangun hubungan dengan konsumen melalui pengalaman multisensoris. Kajian ini menemukan bahwa studi mengenai sensory marketing belum banyak ditemukan dan dikembangkan dalam jurnal-jurnal di Indonesia. Melalui berbagai contoh, implementasi sensory marketing ditunjukkan sangat menguntungkan bagi brand. Pendekatan sensory marketing dapat diterapkan dalam berbagai industri, secara khusus dalam industri wewangian yang berkembang pesat akhir-akhir ini.