Penelitian ini berfokus pada promosi musik musisi indie pada masa pandemi Covid-19, dimana para musisi
indie harus menyesuaikan strategi promosi mereka dengan menggunakan media digital sebagai platform utama
aktivitas promosi. Penelitian terdahulu menunjukan bahwa pandemi Covid-19 mengubah kebiasaan masyarakat
dalam menciptakan, mendengarkan, dan menghadiri aktivitas yang berkaitan dengan musik. Tujuan dari
penelitian ini merupakan untuk mengetahui bagaimana musisi indie mengimplementasikan transmedia
storytelling untuk mempromosikan musik mereka, maka studi ini akan dilakukan untuk melakukan investigasi
terhadap cara musisi indie mengubah cara mempromosikan musik mereka pada masa pandemi Covid-19 dengan
tujuan untuk melakukan penyesuaian terhadap storytelling mereka. Data akan dikumpulkan melalui analisis
konten dari jurnal akademik relevan yang membahas promosi musik indie pada masa pandemi Covid-19.
Penemuan utama dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa musisi indie mengalihkan platform promosi
musik mereka menuju media digital, hal tersebut memungkinkan mereka untuk melakukan interaksi dengan
para penonton. Secara keseluruhan, musisi indie melakukan penyesuaian dalam penerapan transmedia
storytelling untuk mempromosikan musik mereka selama pandemi Covid-19. Akibat pandemi Covid-19, musisi
independen terpaksa untuk menggunakan channel media digital untuk menyebarkan materi promosi yang dapat
membantu mereka mencapai target penonton yang ditentukan.
Deskripsi Lengkap