Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0031-2007/ETS- KOM Eva l
Judul EVALUASI KAMPANYE PUBLIK UNTUK PERUBAHAN PERILAKU STUDI KASUS ?KAMPANYE TANGGAP FLU BURUNG?
Pengarang Luh Nyoman Dewi Triandayani
Penerbit dan Distribusi 2007
Subjek Komunikasi
Kata Kunci komunikasi
Lokasi Gedung D Lantai 3 MBRC FISIP UI
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0031-2007/ETS- KOM Eva l 0031-2007/ETS- KOM Eva l TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79143
Sampul
Abstrak
Tesis ini membahas evaluasi kampanye, khususnya mengukur efek kampanye terhadap khalayak sasaran kampanye. Pengukuran efek kampanye dilakukan terhadap remaja, dalam hal ini adalah pelajar SMA kelas X dan XII. Sedangkan kampanye yang dijadikan sebagai studi kasus adalah Kampanye Nasional ?Tanggal Flu Burung?. Dengan kata lain, pokok permasalahan tesis ini adalah untuk melihat apakah terjadi perubahan terhadap khalayak sasaran kampanye setelah mendengar dan atau melihat kampanye. Untuk menjawab permasalahan dan menjelaskan temuan penelitian, digunakan teori-teori: Kampanye Komunikasi, terutama kampanye komunikasi untuk perubahan perilaku; Reasoned Action; Efek Komunikasi Massa; dan Pemasaran Sosial. Metode analisis data yang digunakan adalah tabulasi silang dan pengukuran korelasi menggunakan Pearson Product Moment. Pengukuran efek dilakukan dengan melihat apakah ada perubahan terhadap target kampanye, khususnya perubahan sikap dan perilaku. Melalui penyebaran kuesioner kepada sekitar 170 pelajar SMAN 55 Jakarta dan pemutaran iklan layanan masyarakat serta poster, diperoleh hasil sebagai berikut: (i) terdapat perubahan sikap, norma subyektif, dan perilaku setelah dilakukan kampanye; (ii) terdapat hubungan antara kampanye, sikap, dan norma subyektif, yang pada akhirnya mempengaruhi perilaku. ii Kesimpulan yang dapat ditarik berdasarkan temuan penelitian adalah: (i) perilaku dipengaruhi secara langsung oleh sikap dan subjective norm; (ii) sikap dan ] subjective norm dipengaruhi secara langsung oleh kampanye; (iii) perilaku dipengaruhi secara tidak langsung oleh media kampanye (radio, televisi, poster). Ini berarti bahwa media berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku. Sementara itu, media adalah salah bentuk kampanye. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kampanye berpengaruh secara tidak langsung terhadap perubahan perilaku; (iv) televisi sangat dominan dalam membentuk sikap dan subjective norm. Ini berarti bahwa hasil penelitian mendukung teori yang digunakan, dan sesuai dengan kerangka analisa yang dipaparkan di bagian terdahulu dari tulisan ini. Selain itu, pokok permasalahan yang diajukan di bagian terdahulu dari tulisan ini juga terjawab, yakni telah terjadi perubahan terhadap khalayak sasaran kampanye setelah kampanye dilakukan Rekomendasi akademis yang diajukan berdasarkan temuan penelitian adalah: penelitian ini dapat memperkaya teori dan temuan-temuan pada penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya, terutama yang terkait dengan penggunaan teori-teori perilaku kesehatan dalam melakukan evaluasi kampanye kesehatan. Sedangkan rekomendasi praktis yang diajukan adalah: (i) untuk mengubah perilaku maka perlu semakin digiatkan kampanye ?Tanggap Flu Burung? karena penelitian ini menunjukkan adanya perubahan perilaku. Atau,kampanye ?Tanggap Flu Burung? perlu terus menerus dilakukan karena tujuan kampanye ini berupa perubahan perilaku dapat tercapai, paling tidak untuk pelajar SMA yang menjadi responden penelitian ini; dan (ii) agar hasil yang diperoleh lebih efektif, maka kampanye sebaiknya menggunakan iklan layanan masyarakat di televisi karena hasil penelitian menunjukkan bahwa media televisi dominan dibandingkan dengan media lainnya seperti radio dan poster