Tesis ini membahas evaluasi kampanye, khususnya mengukur efek
kampanye terhadap khalayak sasaran kampanye. Pengukuran efek kampanye
dilakukan terhadap remaja, dalam hal ini adalah pelajar SMA kelas X dan XII.
Sedangkan kampanye yang dijadikan sebagai studi kasus adalah Kampanye
Nasional ?Tanggal Flu Burung?.
Dengan kata lain, pokok permasalahan tesis ini adalah untuk melihat apakah
terjadi perubahan terhadap khalayak sasaran kampanye setelah mendengar dan
atau melihat kampanye.
Untuk menjawab permasalahan dan menjelaskan temuan penelitian,
digunakan teori-teori: Kampanye Komunikasi, terutama kampanye komunikasi untuk
perubahan perilaku; Reasoned Action; Efek Komunikasi Massa; dan Pemasaran
Sosial.
Metode analisis data yang digunakan adalah tabulasi silang dan pengukuran
korelasi menggunakan Pearson Product Moment.
Pengukuran efek dilakukan dengan melihat apakah ada perubahan terhadap
target kampanye, khususnya perubahan sikap dan perilaku. Melalui penyebaran
kuesioner kepada sekitar 170 pelajar SMAN 55 Jakarta dan pemutaran iklan layanan
masyarakat serta poster, diperoleh hasil sebagai berikut: (i) terdapat perubahan
sikap, norma subyektif, dan perilaku setelah dilakukan kampanye; (ii) terdapat
hubungan antara kampanye, sikap, dan norma subyektif, yang pada akhirnya
mempengaruhi perilaku.
ii
Kesimpulan yang dapat ditarik berdasarkan temuan penelitian adalah: (i)
perilaku dipengaruhi secara langsung oleh sikap dan subjective norm; (ii) sikap dan ]
subjective norm dipengaruhi secara langsung oleh kampanye; (iii) perilaku
dipengaruhi secara tidak langsung oleh media kampanye (radio, televisi, poster). Ini
berarti bahwa media berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku.
Sementara itu, media adalah salah bentuk kampanye. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa kampanye berpengaruh secara tidak langsung terhadap
perubahan perilaku; (iv) televisi sangat dominan dalam membentuk sikap dan
subjective norm.
Ini berarti bahwa hasil penelitian mendukung teori yang digunakan, dan
sesuai dengan kerangka analisa yang dipaparkan di bagian terdahulu dari tulisan ini.
Selain itu, pokok permasalahan yang diajukan di bagian terdahulu dari tulisan
ini juga terjawab, yakni telah terjadi perubahan terhadap khalayak sasaran
kampanye setelah kampanye dilakukan
Rekomendasi akademis yang diajukan berdasarkan temuan penelitian
adalah: penelitian ini dapat memperkaya teori dan temuan-temuan pada penelitian
yang pernah dilakukan sebelumnya, terutama yang terkait dengan penggunaan
teori-teori perilaku kesehatan dalam melakukan evaluasi kampanye kesehatan.
Sedangkan rekomendasi praktis yang diajukan adalah: (i) untuk mengubah
perilaku maka perlu semakin digiatkan kampanye ?Tanggap Flu Burung? karena
penelitian ini menunjukkan adanya perubahan perilaku. Atau,kampanye ?Tanggap
Flu Burung? perlu terus menerus dilakukan karena tujuan kampanye ini berupa
perubahan perilaku dapat tercapai, paling tidak untuk pelajar SMA yang menjadi
responden penelitian ini; dan (ii) agar hasil yang diperoleh lebih efektif, maka
kampanye sebaiknya menggunakan iklan layanan masyarakat di televisi karena
hasil penelitian menunjukkan bahwa media televisi dominan dibandingkan dengan
media lainnya seperti radio dan poster
Deskripsi Lengkap