Aiesec adalah organisasi yang bertujuan untuk mengasah kemampuan kepemimpinan pemuda. Untuk
mempermudah mengukur tercapainya tujuan ini, Aiesec memiliki beberapa kualitas kepemimpinan, salah
satunya adalah self-awareness. Aiesec percaya bahwa kemampuan kepemimpinan adalah sesuatu yang dapat
dipelajari. Film, sebagai salah satu media komunikasi massa, memiliki fungsi untuk membantu memahami
sebuah aksi yang nantinya memungkinkan untuk mendukung proses pembelajaran. Berlandaskan dengan teori
utama mengenai fungsi media komunikasi massa oleh Turow (2014) dan tahap perkembangan self-awareness
oleh Rochat (2003), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana film ?Work It? dapat membantu
memahami praktek self-awareness sebagai salah satu kualitas kepemimpinan di Aiesec. Untuk menguji hal ini,
analisis konten film ?Work It? sebagai data utama dan wawancara dengan salah satu Team Leader Aiesec
Universitas Indonesia sebagai triangulasi dilakukan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa film ?Work It?
mencakup semua tahapan pengembangan self-awareness oleh Rochat dan proses pengembangannya bersifat
dinamis. Ketersinambungan pesan film dan Kualitas Kepemimpinan self-awareness Aiesec adalah bahwa
eksplorasi dapat mengarah pada penemuan passion. Film pada umumnya memiliki beberapa elemen kreatif
untuk mendukung penyampaian pesan. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan untuk menggabungkan film
yang memiliki nilai moral ke dalam proses pembelajaran.
Deskripsi Lengkap