Deskripsi Lengkap

PengarangAdiva Charisma Zafira
JudulTransmedia Storytelling in Hallyu 4.0: Analysis of Stray Kids = Transmedia Storytelling dalam Hallyu 4.0: Analisis pada Stray Kids
Pembimbing/SupervisorNissa Cita Adinia, S.Sos., MCommun.
Bahasa UtamaEng
AbstrakMusik pop Korea, sering disebut sebagai K-pop, adalah salah satu industri terbesar Hallyu. Hallyu, atau Korean wave, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan globalisasi budaya Korea Selatan yang mencakup banyak aspek budaya pop Korea (Nye, 2009). Industri K-pop telah memperbarui dan meningkatkan K-pop, sebuah perluasan yang terlihat dari generasi ke generasi, khususnya dalam hal konten; baik secara kuantitas, kualitas, maupun penggunaan media selama empat era Hallyu atau gelombang budaya pop Korea. Oleh karena itu, penelitian ini akan berfokus pada sifat transmisi konten dan distribusi produk Stray Kids sebagai salah satu idol group K-pop generasi keempat yang juga merupakan bagian dari Hallyu 4.0. Studi kasus ini akan menggunakan analisis konten serta prinsip Transmedia Storytelling dari Henry Jenkins (2009) sebagai landasan teori dalam menelaah berbagai saluran media yang digunakan oleh Stray Kids untuk merilis konten mereka. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penilitian ini adalah sebagai berikut: 1) penyebaran konten Stray Kids mencakup transmedia storytelling; dan 2) terdapat minat pada produksi konten yang membantu dalam membangun identitas idol.
Jenis BahanSkripsi
Kode BahasaEng
Catatan Umum
No. Induk0051-2023/ESK-KOM
No. Barkod0051-2023/ESK-KOM
Kata KunciHallyu 4.0, Stray Kids, transmedia storytelling, Korean pop idol group, media channels
Kota TerbitDepok
Tahun
SubjekHallyu 4.0, Stray Kids, transmedia storytelling, grup idol pop Korea, saluran media
Tahun Buka Akses
Catatan Bibliografi
Penerbit
PemilikJKUNINDFISIPUI
Pembatasan Akses
LokasiFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Catatan Disertasi
Akses dan Lokasi ElektronikMiriam Budiardjo Resource Center
Sumber KoleksiMahasiswa
Deskripsi Fisik
Catatan Bahasa
No. Panggil0051-2023/ESK-KOM Adi t
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0051-2023/ESK-KOM Adi t 0051-2023/ESK-KOM TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79151
Sampul
Abstrak
Musik pop Korea, sering disebut sebagai K-pop, adalah salah satu industri terbesar Hallyu. Hallyu, atau Korean wave, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan globalisasi budaya Korea Selatan yang mencakup banyak aspek budaya pop Korea (Nye, 2009). Industri K-pop telah memperbarui dan meningkatkan K-pop, sebuah perluasan yang terlihat dari generasi ke generasi, khususnya dalam hal konten; baik secara kuantitas, kualitas, maupun penggunaan media selama empat era Hallyu atau gelombang budaya pop Korea. Oleh karena itu, penelitian ini akan berfokus pada sifat transmisi konten dan distribusi produk Stray Kids sebagai salah satu idol group K-pop generasi keempat yang juga merupakan bagian dari Hallyu 4.0. Studi kasus ini akan menggunakan analisis konten serta prinsip Transmedia Storytelling dari Henry Jenkins (2009) sebagai landasan teori dalam menelaah berbagai saluran media yang digunakan oleh Stray Kids untuk merilis konten mereka. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penilitian ini adalah sebagai berikut: 1) penyebaran konten Stray Kids mencakup transmedia storytelling; dan 2) terdapat minat pada produksi konten yang membantu dalam membangun identitas idol.