Dalam berbisnis biasanya para pelaku usaha akan mencari kandidat pekerja yang
memiliki kompetensi dan pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Berbeda dengan di perusahaan tempat magang penulis, dimana melihat fenomena
suatu atribut identitas yang melekat pada individu merupakan salah satu kriteria
mutlak yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tentunya fenomena ini menjadi sangat
menarik bagi penulis lantaran isu identitas merupakan salah satu subjek yang
dipelajari penulis. Makalah ini merupakan suatu bentuk refleksi penulis selama
magang dengan fokus pada fenomena identitas dalam keberlangsungan suatu bisnis
untuk mencapai kesuksesan. Selain itu, penulis juga mengidentifikasi mengenai
bagaimana dari identitas sosial tersebut memunculkan hubungan relasi sosial yang
kuat terhadap para stakeholder bisnis yang terkait sebagai upaya meningkatkan
engagement bisnis yang jangka panjang. Sebagai pendukung keabsahan tulisan ini,
penulis memaparkan data melalui cara pengamatan observasi partisipasi dan wawancara selama mengikuti magang di perusahaan tersebut.
Deskripsi Lengkap