K-Pop yang saat ini menjadi fenomena global tidak dapat dipisahkan dari penggemar K-
Pop yang menggunakan media sosial untuk melakukan aktivitas penggemar mereka,
salah satu media sosial yang menjadi tempat utama bagi penggemar K-Pop untuk
melakukan aktivitas penggemar adalah Twitter. Penggemar K-Pop tidak hanya
menikmati konten dari idola mereka saja di Twitter namun mereka juga berinteraksi
dengan penggemar lainnya serta melakukan produksi budaya penggemar atau fan culture.
Salah satu praktik yang dilakukan oleh penggemar K-Pop di Twitter adalah pembuatan
fan project yang bertujuan untuk mendukung idola mereka. Data yang diperoleh melalui
wawancara dan observasi terhadap praktik yang dilakukan oleh penggemar K-Pop di
Twitter menunjukan bahwa penggemar K-Pop melakukan banyak kegiatan produksi
budaya penggemar yang dapat dilihat sebagai bentuk mediated fan-practice. Penelitian
ini juga menemukan bahwa praktik fan project yang dilakukan oleh penggemar dapat
dilihat sebagai bentuk fan labor dan free labor, penggemar yang menjadi subjek utama
dalam penelitian ini melakukan sebuah bentuk ?labor? karena menghasilkan produk
budaya yang menguntungkan pihak-pihak kapital namun mereka tidak mendapatkan
keuntungan secara finansial dari praktik yang mereka lakukan. Dalam tulisan ini
ditemukan bahwa penggemar K-Pop memiliki motivasi yang bukan merupakan keuntungan finansial dalam melakukan fan project untuk idola mereka.
Deskripsi Lengkap