Tugas Karya Akhir ini membahas mengenai bagaimana PT Venteny Matahari Indonesia
mengimplementasikan tagline ?Employee Happiness? sebagai Budaya Organisasi pada
perusahaan mereka. Penelitian pada Tugas Karya Akhir ini menggunakan metode Otoetnografi
dan observasi yang datanya didapatkan dari pengalaman pribadi saya dalam melaksanakan
kegiatan internship/magang pada PT Venteny Matahari Indonesia periode Maret-September
2021. Sebuah tagline perusahaan memang biasanya ditujukan kepada calon konsumen sebagai
upaya menciptakan brand awareness kepada masyarakat. ?Employee Happiness? adalah salah
satu contoh tagline yang digunakan Venteny. Penggunaan tagline tersebut dapat dimaknakan
juga untuk melihat bagaimana tagline tersebut dilakukan pada lingkup internal, mengingat
perusahaan tersebut tentunya juga memiliki employee nya sendiri.
Hasil dari observasi pribadi saya menunjukkan bahwa tagline ?Employee Happiness?
menjadi value utama perusahaan dalam menjalankan roda bisnisnya. Hal ini membuat
perusahaan harus mampu memberikan metode atau cara-cara dalam mengimplementasikan
tagline tersebut, baik kepada internal maupun eksternal perusahaan sehingga menjadi sebuah
budaya organisasi pada perusahaan. Nyatanya, tagline Employee Happiness ini juga menjadi
top of mind bagi para karyawan Venteny itu sendiri dan membuat mereka merasa bahwa
perusahaan akan melakukan hal itu juga kepada mereka. Metode seperti pemberian benefit yang
ditawarkan pada aplikasi ponsel VENTENY Mobiles Super Apps, kegiatan ringan seperti game
sederhana di tengah-tengah waktu kerja, bantuan kasbon atau dana darurat bagi karyawan yang
membutuhkan hingga pendekatan yang persuasif dan kekeluargaan oleh para leader di
perusahaan merupakan contoh aspek-aspek tentang bagaimana Employee Happiness mencoba diwujudkan kepada internal perusahaan.
Deskripsi Lengkap