Fenomena budaya K-pop menyebar ke seluruh dunia melalui berbagai saluran, salah
satunya melalui Twitter. Twitter, sebagai sosial media, mendorong individu pada gagasan
yang tidak terbatas dalam mengekspresikan dirinya, sehingga muncul pembentukan
persona baru bagi fandom lewat penggunaan akun penggemar. Eksplorasi terhadap akun-
akun penggemar K-Pop dalam Twitter dilakukan dengan menggunakan metode etnografi
digital yaitu melalui observasi partisipan dan wawancara, membantu memberikan
gambaran jelas mengenai identitas baik secara individu maupun kolektif. Identitas akun
penggemar K-pop secara umum ditampilkan lewat penggunaan idola K-pop sebagai foto
profil mereka atau ava. Tulisan ini mengambil penggemar Stray Kids, yang
mengidentifikasi diri mereka sebagai ?STAY,? yang berinteraksi secara aktif di Twitter
sebagai subyek penelitian. Menelusuri identitas melalui perspektif penggemar serta
penggunaan kolektif emoji mur dan baut pada akun mereka berhasil menunjukkan adanya keterkaitan antara identitas dan aktivitas sosial yang dilakukan oleh individu.
Deskripsi Lengkap